Tuesday, August 16, 2016

Isian Sertifikasi Dosen Tentang Kemampuan Kerjasama

Perihal bekerja sama, saya termasuk dosen yang mudah menjalin kerjasama dengan orang lain. Kerja sama adalah suatu bentuk interaksi sosial antara orang-perorangan atau berinteraksi dengan kelompok untuk mencapai satu atau beberapa tujuan bersama. Bagi saya, untuk memudahkan tercapainya suatu tujuan dan harapan bersama, kerja sama adalah solusi yang terbaik agar tidak hanya menjadi bahan pemikiran sendiri. Melalui kerja sama, cara yang akan dipakai untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai, menjadi sebuah cara dengan konsepan yang terbaik. Konsep itu tentunya telah mengakomodir seluruh masalah, dalam kapasitas yang telah diketahui, baik dari pengetahuan yang telah dimiliki maupun dari pengalaman yang dimiliki. Sebagai contoh bentuk kerjasama yang telah terjadi dalam kegiatan penyuluhan kepada masyarakat yang pernah dilakukan misalnya kerja sama yang saya lakukan dengan dosen universitas tanjungpura, kerjasama dengan pihak kecamatan dan lurah beringin di kecamatan Kapuas, kerjasama dengan pihak pemerintah desa tanjung merpati, mahasiswa PPL/KKM IKIP PGRI, Mahasiswa STKIP persada Khatulistiwa, pemuda karang taruna tanjung merpati, Kerjasama dengan Kelompok Kerja Kepala Sekolah baik Kecamatan Rasau Jaya, maupun Kecamatan Kembayan, Dinas Dikpora cabang Kecamatan Kapuas Sanggau maupun Kecamatan Kembayan, Rekan dosen STKIP persada Khatulistiwa. Belum lagi, kerjasama di dalam bidang lainnya seperti pada bidang pengajaran misalnya kerjasama dengan guru Pendidikan Luar Biasa (PLB) SDLB No 25 Sintang untuk mengisi perkuliahan, dan bekerja sama dengan guru dan kepala sekolah melaksanakan kegiatan PPL mahasiswa. Selain itu, kerjasama yang pernah saya lakukan juga dalam bidang penelitian, saya melakukan kerjasama dengan kepala sekolah dan guru sebagai tempat pelaksanaan penelitian saya.

No comments:

Post a Comment