Tuesday, August 16, 2016

Isian Sertifikasi Dosen Tentang Keteguhan pada Prinsip

Prinsip merupakan suatu konsep/hal yang kita rasa benar dan kemudian kebenaran ini menjadi pokok dasar kita untuk bertindak, berpikir, dan sebagainya. Dalam kehidupan sebagai dosen, memiliki prinsip itu merupakan sesuatu yang cukup penting dan akan bisa berdampak pada suatu integritas dari dosen tersebut ketika ia teguh untuk mempertahankan prinsip tersebut jika prinsip yang ia pertahankan memang menjadi suatu kebenaran yang bernilai baik dan berlaku secara universal. Sebuah prinsip biasanya tidak lepas pula dari latar belakang sosial, ekonomi, agama, dan pendidikan yang dialami seorang dosen semasa hidupnya dan dengan siapa ia bertemu dan berinteraksi. Mengenai keteguhan pada prinsip, saya adalah dosen yang mengedepankan prinsip namun tetap terbuka terhadap toleransi. Artinya, ketika prinsip itu memang sesuatu yang tidak keliru untuk saya pertahankan, saya akan mempertahankannya. Namun, ketika prinsip itu sesuatu yang keliru berdasarkan landasan yang hakiki seperti Al-Quran, saya membuka ruang untuk pengambilan keputusan yang lebih baik. Selama saya menjalani profesi sebagai dosen di STKIP Persada Khatulistiwa ini, saya sangat mempertahankan prinsip jika prinsip yang saya pegang memang tidak keliru. Sebagai contohnya yakni prinsip yang saya pegang adalah pada saat ada mahasiswa yang mencoba melaksanakan praktek gratifikasi kepada saya dengan tujuan meluluskan mereka/mengubah nilai mereka yang jelek tidak akan saya indahkan. Dalam hal ini, saya memegang teguh bahwa untuk menghadapi hal yang seperti ini, kita tidak boleh membuka ruang sedikit pun untuk menyetujui hal ini, apalagi jika kita anggap sebagai sesuatu yang biasa saja dan boleh dilanjutkan.  Dari percobaan praktek gratifikasi yang dilakukan mahasiswa, saya tetap menolak apapun pemberian yang mereka berikan dan tidak menyetujui kesepakatan yang ingin dibuat. Hal ini pernah terjadi pada saat saya menjalani tugas sebagai staf akademik. Contoh lainnya adalah melayani mahasiswa dengan cepat dan tidak mengulur-ulur waktu untuk membantu urusan administrasi mahasiswa. Dalam implementasinya saya tetap melayani urusan mahasiswa walau dengan keadaan sibuk demi membantu kelancaran urusan mahasiswa.

No comments:

Post a Comment