Tuesday, August 9, 2016

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROYEK RESPON KREATIF DI KELAS VIII

Dwi Cahyadi Wibowo, Dara Julia, Emilia Dewiwati Pelipa
STKIP Persada Khatulistiwa, Jl Pertamina, Sengkuang, Sintang Kalimantan Barat
dwicahyadiwibowo@yahoo.co.id, darajuliastkip@gmail.com

Abstract: This research aim to increase student’s learn achievement in understanding material of society sovereignty and administration system in Indonesian through model of project of creative respond in class of VIII State Junior High School 4 Kayan Hilir academic year 2014/2015. The Method used is method qualitative and this research form represents Classroom Action Research (CAR). At cycle of I maximal value 85, minimum value 40, mean score 59, 76 and complete of classical 61,90%. At cycle of II maximal value 90, minimum value 50, mean score 68,1 and complete classical 85,71%. Result of research indicate that the existence of the make-up of in achievement learn student through the project of creative respond class of VIII, it is matter shown percentage of make-up achievement learn at: (1) cycle and pre-cycle 1 equal to 9,52%; (2) at cycle 1 and 2 equal to 23,81%; (3) at pre-cycle till cycle 2 equal to 33,33%. It can be concluded that applied of model of project of creative respond can improve and activity of respond learn student, so that achievement learn student at subject of Civic Education increasing too.

Keyword: Achievement, Model Project of Creative Respon

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan memahami kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan di Indonesia melalui model proyek respon kreatif di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kayan Hilir tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan bentuk penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada siklus I nilai maksimal 85, nilai minimal 40, nilai rata-rata 59,76 dan ketuntasan klasikal 61,90%. Pada siklus II nilai maksimal 90, nilai minimal 50, nilai rata-rata 68,1 dan ketuntasan klasikal 85,71%. Hasil peneitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan dalam prestasi belajar siswa melalui proyek respon kreatif di kelas VIII, hal ditunjukkan pada persentase peningkatan prestasi belajar pada: (1) pra-siklus dan siklus 1 sebesar 9,52%; (2) pada siklus 1 dan 2 sebesar 23,81%; (3) pada pra-siklus hingga siklus 2 sebesar 33,33%. Dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model proyek respon kreatif mampu meningkatkan aktifitas dan respon belajar siswa, sehingga prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn meningkat pula.

Kata Kunci: Prestasi Belajar, Model Proyek Respon Kreatif

No comments:

Post a Comment