Tuesday, August 9, 2016

Alat Penilaian Kemampuan Guru STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Kalimantan Barat

Berikut ini informasi penting bagi mahasiswa-mahasiswa, guru-guru ataupun para peneliti yang ingin mengamati/meneliti kemampuan guru di dalam mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran di kelas. Alat penilaiannya disebut APKG, singkatan dari Alat Penilaian Kemampuan Guru. APKG ini terdiri atas dua bagian yaitu sebagai berikut.

1. APKG1, khusus untuk menilai kemampuan guru dalam mempersiapkan pembelajaran berupa persiapan perangkat pembelajaran, bahan ajar, media pembelajaran dan lain sebagainya.
2. APKG2, khusus dipergunakan untuk mengevaluasi kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas.

Kedua alat ini diisi melalui observasi langsung terhadap perangkat yang dimiliki guru dan observasi langsung terhadap proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru, dengan memberikan tanda cek list pada kolom yang sesuai ataupun memberikan nilai sesuai aspek yang dilaksanakan/ditampilkan guru. Alat Penilaian Kemampuan Guru ini sudah merupakan instrument standar, jadi bagi teman-teman peneliti yang ingin menggunakannya tidak perlu lagi melakukan uji terhadap instrument ini, baik uji reliabilitas maupun uji validitas.

Unduh Contoh APKG

sumber: https://sman1bebandem.wordpress.com/2011/06/02/model-alat-penilaian-kemampuan-guru-apkg-dalam-mempersiapkan-dan-melaksanakan-pembelajaran/

No comments:

Post a Comment