Tuesday, August 16, 2016

Isian Sertifikasi Dosen Tentang Dukungan Masyarakat Kegiatan PKM

Selama pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat, tentu tidak lepas dari dukungan masyarakat yang ada di dalamnya. Dukungan sosial dari masyarakat bagi saya banyak sekali bentuknya seperti pemberian infomasi, bantuan tingkah laku, ataupun materi. Sebagai contoh: pada pelaksanaan penyuluhan insidental yang dilaksanakan di Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau, saya memperoleh dukungan dari masyarakat yang datang menghadiri undangan. Selain kehadiran dalam acara, saya memperoleh dukungan dari pejabat-pejabat setempat seperti kepala cabang dinas pendidikan, pemuda dan olahraga Kecamatan Kapuas, camat Kecamatan Kapuas, pegawai kecamatan, dan lurah beringin dalam menyediakan dan menyiapkan perlengkapan untuk kegiatan penyuluhan tersebut. Selain menyiapkan peralatan dan perlengkapan penyuluhan, mereka juga mempersiapkan sarana dan prasarana, dan bahkan mereka juga mempersiapkan konsumsi untuk peserta yang hadir dalam kegiatan penyuluhan yang saya lakukan. Dari dukungan-dukungan inilah sehingga acara dapat berjalan dengan baik dan lancar. Contoh lain, bentuk dukungan dari masyarakat yang saya peroleh adalah informasi yang diberikan oleh masyarakat. Informasi ini membantu saya untuk menganalisis situasi yang ada di dalam masyarakat. Informasi itu terdiri atas informasi mengenai kekuatan, kelemahan, tantangan, dan hambatan yang ada pada masyarakat tersebut. Dari informasi yang didapat, kemudian dilakukan analisis yang selanjutnya menjadi bentuk substansi materi yang saya sajikan pada masyarakat. Sebagai contohnya adalah ketika pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat Desa Tanjung Merpati di Kecamatan Kembayan. Saat serah terima mahasiswa untuk memulai kegiatan PPL/KKM, di kecamatan Kembayan, saya sempat berdiskusi membicarakan tentang masyarakat di tempat tersebut. Dari pembicaraan-pembicaraan yang dilakukan bersama warga, saya mendapati informasi bahwa masih banyak terdapat stigma di masyarakat yang memandang pendidikan itu kurang penting. Sehingga saya menjadi terinspirasi untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat tentang pentingnya pendidikan pada manusia. Pada saat perencanaan untuk kegiatan pengabdian ini, saya berkoordinasi dengan mahasiswa, terkadang juga dengan pejabat pemerintahan Desa Tanjung Merpati untuk menyiapkan segala keperluan kegiatan pengabdian, dan mereka mendukung penuh untuk terlaksananya kegiatan ini. Saat pelaksanaan kegiatan ini, pemerintahan Desa sangat berperan penting dalam kelancaran dan kesuksesan acara. Dukungan yang diberikan oleh pemerintahan Desa dalam penyediaan tempat, mengundang warga, penyediaan peralatan dan perlengkapan serta konsumsi yang mana dalam kegiatan ini tidak lepas pula dari bantuan pemuda karang taruna, mahasiswa IKIP PGRI Pontianak, dan mahasiswa STKIP Persada Khatulistiwa. Kegiatan pun akhirnya terlaksana dengan baik walaupun sempat mengalami hambatan hujan lebat dan listrik yang padam. Namun, hambatan itu tidak berlangsung lama, karena pemerintah tanjung merpati memiliki genset dan hujan lebat hanya sebentar saja sehingga warga dapat pergi menghadiri kegiatan ini.

1 comment: