Monday, August 15, 2016

Isian Sertifikasi Dosen Tentang Konsistensi

Dalam pengembangan keilmuan/keahlian, konsistensi diperlukan demi tercapainya suatu kesuksesan sebagai seseorang yang menguasai seluk-beluk persoalan/kajian berdasarkan dengan bidang yang ditekuni. Sebagaimana kita ketahui bahwa konsistensi adalah ketetapan dan kemantapan dalam bertindak ataupun taat terhadap asas-asas tertentu. Dalam melaksanakan ataupun menghasilkan suatu karya sebagai pengembangan keilmuan/keahlian, saya berusaha menghasilkan karya-karya yang relevan dengan bidang/basic yang saya tekuni. Adapun bidang keahlian saya adalah pendidikan dasar/pendidikan guru sekolah dasar (PGSD). Keahlian tersebut bisa dilihat dari bidang pendidikan yang saya jalani sampai saat ini. Sehingga di dalam pemaparan ini, saya akan menceritakan riwayat pendidikan saya sebagai berikut: (1) Saya menempuh kuliah sarjana mengambil kuliah pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S-1 PGSD) di Universitas Tanjungpura Pontianak tamat pada 29 September 2011. Kemudian (2) saya menempuh kuliah Program Pascasarjana pada Program Studi S-2 Pendidikan Dasar pada Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali tamat pada tanggal 29 November 2013. Bila dilihat dari publikasi-publikasi karya ilmiah yang telah dipublikasikan, dapat saya simpulkan bahwa sampai saat ini yakni Juni 2016, konsistensi itu tetap terjaga. Konsistensi terhadap kajian karya ilmiah yang dipublikasikan masih selalu bertajuk kajian pada pendidikan dasar/ Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Dengan kata lain, substansi materi karya ilmiah yang dipublikasi masih seputar riset penelitian pada Pendidikan Dasar/ Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) meskipun dengan berbagai metodologi penelitian yang berbeda. 

No comments:

Post a Comment