Monday, August 15, 2016

Isian Sertifikasi Dosen Tentang Makna dan Kegunaan Publikasi Karya Ilmiah

Setiap publikasi karya ilmiah pasti memiliki makna dan kegunaannya. Dari ketiga judul yang dipublikasi memiliki makna dan kegunaan yang berbeda antara yang satu dan yang lainnya. Pada publikasi ilmiah yang bertajuk Korelasi Antara Hasil Belajar Siswa Semester Akhir Dengan Hasil Ujian Akhir Nasional Siswa Kelas VI SD Negeri 13 Sungai Kawat memiliki makna atau tujuan yakni untuk mendeskripsikan: (1) rata-rata hasil belajar siswa semester akhir di kelas VI SD Negeri 13 Sungai Kawat, (2) rata-rata hasil ujian akhir nasional yang sudah diperoleh pada SD Negeri 13 Sungai Kawat, dan (3) korelasi antara hasil belajar siswa semester akhir di kelas VI dengan hasil ujian akhir nasional yang sudah diperoleh pada SD Negeri 13 Sungai Kawat. Pada riset ini, manfaat yang bisa dirasakan yakni (1) hasil dari riset ini bermanfaat untuk guru agar dapat meningkatkan kinerja dalam proses belajar mengajar agar siswa dapat menghadapi ujian akhir nasional dengan rasa percaya diri. (2) hasil dari riset ini bermanfaat bagi peneliti sebagai alat pengembangan wawasan serta ilmu pengetahuan yang peneliti miliki. (3) hasil dari riset ini bermanfaat bagi sekolah untuk memberikan gambaran tentang hasil ujian akhir semester dan ujian akhir nasional sehingga ke depannya sekolah dapat mengatur atau mempunyai strategi untuk siswa dalam menghadapi ujian akhir sekolah dan ujian akhir nasional. (4) hasil dari riset ini bermanfaat pada lembaga STKIP Persada Khatulistiwa Sintang untuk menambah khasanah wawasan dan ilmu pengetahuan, serta memberikan kredit poin bagi perguruan tinggi. (5) hasil dari riset ini bermanfaat bagi peneliti selanjutnya sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan dan pengembangan wawasan. Kemudian untuk publikasi ilmiah yang berjudul Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Huruf Pada Pembelajaran Tematik Kelas II Sekolah Dasar Negeri 02 Nanga Tebidah Tahun Pelajaran 2014/2015 memiliki makna atau tujuan yaitu (1) untuk mendeskripsikan  penggunaan  media  kartu  huruf  dalam  meningkatkan kemampuan  membaca  pada  siswa  kelas  II  Sekolah  Dasar  Negeri  02  Nanga Tebidah tahun pelajaran 2014/2015, (2) untuk mendeskripsikan  peningkatan  hasil  belajar  siswa  dalam  membaca  permulaan menggunakan media kartu huruf pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 02 Nanga Tebidah tahun pelajaran 2014/2015, dan (3) untuk mendeskripsikan respon siswa dalam proses pembelajaran membaca permulaan menggunakan media kartu huruf pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 02 Nanga Tebidah tahun pelajaran 2014/2015. Sedangkan manfaat praktis yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah (1) hasil penelitian ini bermanfaat bagi siswa untuk mempermudah  siswa dalam mengenal huruf-huruf alfabet dengan hadirnya media kartu huruf, meningkatkan  kemampuan  membaca  permulaan  siswa  menggunakan media kartu huruf, dan meningkatkan motivasi dan antusias siswa dalam belajar membaca, (2) hasil penelitian ini berguna bagi  guru  Bahasa  Indonesia sebagai sebuah referensi pemecahan masalah dalam mengajar, khususnya mengajar tentang materi membaca, (3) bagi sekolah bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi guru dalam membelajarkan peserta didik, dan memotivasi guru dalam mengajar untuk lebih kreatif, (4) bagi  peneliti bermanfaat untuk memberikan ilmu yang baru mengenai materi pembelajaran membaca  permulaan  agar  menjadi  lebih  baik,  dan  peneliti  memperoleh pengalaman langsung dalam mengajar di dunia nyata di sekolah, dan (5) Untuk STKIP  Persada  Khatulistiwa,  hasil  penelitian ini dapat menjadi bahan referensi dan bermanfaat untuk memberikan pemahaman tentang membaca permulaan serta cara meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan media kartu huruf. Selanjutnya publikasi ilmiah yang telah dipublikasikan dengan judul Analisis Kemampuan Menyimak Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia (Penelitian Studi Kasus Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Sintang) Tahun Pelajaran 2014/2015 memiliki makna yaitu menunjukkan hasil dari menganalisis  kemampuan  menyimak  siswa  pada  pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Sintang tahun pelajaran 2014/2015. Sehingga penelitian ini memiliki kegunaan sebagai berikut (1) bagi siswa, hasil penelitian ini  dapat dijadikan sebagai bahan yang bermanfaat dalam belajar khususnya belajar Bahasa Indonesia untuk kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Sintang sehingga dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa yang baik dan benar, (2) bagi guru, hasil  penelitian  dapat  dijadikan  bahan  acuan  bahwa  dalam belajar  menyimak, guru  semestinya harus mampu mendorong motivasi belajar siswa agar semakin tinggi khususnya dalam pelajaran Bahasa Indonesia, (3) bagi sekolah, penelitian ini dapat menjadi bahan masukan agar dapat menerapkan penggunaan media sebagai penunjang kemampuan menyimak siswa dan para guru agar siswa dapat lebih bersemangat saat belajar, (4) bagi peneliti merupakan  suatu pengalaman dalam  menyatakan kebenaran teori tentang hasil  belajar yang dikaitkan dengan kondisi lapangan, dan (5) bagi lembaga STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, penelitian ini dapat  menambah  literatur pustaka  STKIP  Persada Khatulistiwa  Sintang tentang kajian ilmu  Bahasa  Indonesia, khususnya program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

No comments:

Post a Comment