Monday, August 15, 2016

Isian Sertifikasi Dosen Tentang Kedisiplinan

Disiplin adalah latihan yang bertujuan untuk mengembangkan diri agar dapat berperilaku tertib sebagai kepatuhan terhadap peraturan atau tunduk pada pengawasan, dan pengendalian. Disiplin yang saya terapkan untuk pelaksanaan pembelajaran terbagi menjadi disiplin masuk kelas, disiplin pengumpulan tugas kuliah, disiplin dalam belajar, disiplin keluar kelas, disiplin dalam pelaksanaan pembelajaran, dan disiplin dalam berpakaian. contoh nyata disiplin masuk kelas yang saya tunjukkan dalam pelaksanaan pembelajaran yakni saya berusaha memberikan contoh dengan datang tepat waktu pada saat masuk kelas.  Selanjutnya contoh nyata disiplin pengumpulan tugas kuliah yakni mahasiswa selalu diawasi dan diberikan penilaian berupa penghargaan dan hukuman dengan catatan khusus mengenai disiplin ini dan saya menunjukkan dengan tepat waktu pula dalam melaporkan hasil belajar yang mahasiswa peroleh. Kemudian contoh nyata disiplin dalam belajar yang saya terapkan adalah saya melaksanakan pembelajaran sesuai dengan waktu yang telah ditentukan seperti saat mendiskusikan tentang materi pembelajaran, saya memberikan 40 menit untuk diskusi, setelah waktu telah habis, saya melanjutkannya ke sesi berikutnya. Selanjutnya contoh nyata disiplin keluar kelas yang saya lakukan ialah saya jarang keluar lebih cepat dari jadwal yang sudah ditentukan. Kemudian disiplin dalam pelaksanaan pembelajaran yang saya terapkan sebagai contohnya adalah saya selalu mengajak mahasiswa berdoa di sebelum dan sesudah belajar agar mahasiswa menjadi pribadi yang bertakwa terhadap Tuhan, selain itu, saya cukup sering menegur mahasiswa yang tidak bekerja sama di kegiatan diskusi/tidak dengan sungguh-sungguh belajar. Kemudian contoh nyata disiplin dalam berpakaian yang saya lakukan adalah saya menggunakan pakaian yang sesuai dengan kesepakatan dan tidak melanggar kesepakatan, sebagai contohnya ialah tidak menggunakan baju kaos berkerah, ketika telah disepakati menggunakan baju kemeja atau batik.

No comments:

Post a Comment