Tuesday, August 16, 2016

Isian Sertifikasi Dosen Tentang Tanggung Jawab

Setiap orang yang bekerja pasti memiliki tanggung jawab untuk memikul tanggung jawab tersebut. Begitu juga untuk pribadi saya. Saya memikul tanggung jawab sebagai dosen maupun sebagai staf akademik ( April 2014-November 2015). Tanggung jawab yang diberikan kepada saya, saya lakukan selama ini dengan sebaik-baiknya. Sebagai dosen, saya berusaha melakukan tri dharma perguruan tinggi dengan penuh tanggung jawab. Dalam bidang pengajaran, saya melaksanakannya dengan sungguh-sungguh. Saya memberikan pembelajaran kepada mahasiswa agar mahasiswa menjadi pribadi yang siap bertahan hidup, mampu bersaing dengan orang lain, setidaknya saya berusaha mengembangkan kompetensi yang mereka miliki meliputi kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, dan kompetensi vokasional. Dalam bidang penelitian, tanggung jawab yang saya emban, selalu saya lakukan juga dengan penuh tanggung jawab. Sebagai buktinya adalah saya selalu memiliki publikasi karya ilmiah di tiap semesternya. Kemudian untuk bidang pengabdian juga saya laksanakan dengan baik. Saya juga selalu melakukan pengbdian kepada masyarakat di setiap semester. Selanjutnya untuk unsur penunjang yang dilakukan oleh dosen, juga telah saya lakukan dengan penuh tanggung jawab seperti saat bertugas menjadi panitia wisuda, panitia penerimaan mahasiswa baru, dan sebagainya. Kemudian selain menjadi dosen, saya juga pernah mendapatkan tugas tambahan menjadi staf akademik. Tugas tambahan ini juga saya lakukan dengan penuh tanggung jawab. Dalam tanggung jawab ini, tugas saya adalah mempersiapkan kartu rencana studi, membuat presensi kolektif, daftar hadir kuliah, jurnal kuliah, membuat kartu hasil studi, menyiapkan amplop, lembar jawaban, absen peserta ujian, lembar soal, berita acara pada ujian akhir semester maupun ujian tengah semester, menyebarkan kelengkapan UTS/UAS ke pengawas ujian, serta mengarsipkan berita acara, soal, absen peserta ujian tersebut, kemudian membuat surat penunjukkan pembimbing, membuat surat penunjukkan pembahas/ penguji skripsi ataupun proposal skripsi, membuat surat observasi ke sekolah dalam rangka pemenuhan tugas kuliah maupun dalam rangka penelitian mahasiswa, mempersiapkan dan memberikan kartu hadir kuliah ke mahasiswa, melaporkan data aktif mahasiswa di setiap semester, membuat transkrip akademik, membuat daftar mahasiswa yang diwisuda, menyiapkan surat cuti, surat keterangan mahasiswa aktif, dan lainnya yang diperlukan mahasiswa, mengumpulkan berkas mahasiswa ppl/kkm serta mengecek kelengkapan administrasi ppl/kkm, menginput data untuk siakad online, dan terakhir, ikut serta dalam tim pengisian borang akreditasi program studi PPKn STKIP Persada Khatulistiwa yang hasilnya kini telah terakreditasi B.

No comments:

Post a Comment