Tuesday, August 16, 2016

Isian Sertifikasi Dosen Tentang Kegiatan PKM

Selama saya menjadi dosen dari tahun 2014-tahun 2016, saya telah melakukan beberapa kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah saya lakukan menyentuh substansi pada kegiatan memberi latihan/ penyuluhan/ penataran/ceramah pada masyarakat dan memberi pelayanan kepada masyarakat atau kegiatan lain yang menunjang pelaksanaan tugas umum pemerintah dan pembangunan. Kegiatan-kegiatan yang saya lakukan tersebut sebagai berikut : pertama, pada tahun 2014, saya melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di kecamatan Sanggau Kapuas. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 5 Desember 2014. Pada kesempatan tersebut, pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat itu dilaksanakan bersamaan dengan pelepasan mahasiswa di Kabupaten Sanggau. Saat itu, saya bersama bapak Benediktus Ege, M. Pd. menyampaikan materi penyuluhan tentang jam belajar masyarakat. Materi saya berjudul Jam Belajar Masyarakat Sebagai Bentuk Perhatian Dalam Menyongsong Prestasi Belajar Anak. Sasaran penyuluhan saat itu adalah orang tua siswa SD, guru, kepala sekolah dan para tamu undangan lainnya yang hadir dalam acara pelepasan PPL/ KKM mahasiswa. Kedua, Pada tanggal 5 April 2015, saya melaksanakan penyuluhan tentang domain kognitif, afektif & psikomotor dalam penyusunan soal. Dalam kesempatan ini, saya berkolaborasi dengan seorang dosen dari Universitas Tanjungpura Pontianak yang bernama Dr. Hj. Sri Utami, M. Kes. Kami menjadi nara sumber dalam kegiatan yang dilaksanakan Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kecamatan Rasau Jaya. Khalayak sasaran kami adalah guru Sekolah Dasar di Kecamatan Rasau Jaya kala itu. Ketiga, di bulan September tahun yang sama, yaitu pada hari Minggu tanggal 13 September 2015 telah dilakukan pula pemberian materi oleh saya di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Sintang Kalimantan Barat dengan tema Sukses Jadi Mahasiswa sebagai wujud memberi pelayanan kepada masyarakat atau kegiatan lain yang menunjang pelaksanaan tugas umum pemerintah dan pembangunan berdasarkan penugasan lembaga perguruan tinggi. Keempat, setelah itu, sekitar dua minggu berikutnya, pada kesempatan dan penugasan yang diberikan perguruan tinggi agar memonitor mahasiswa yang sedang melaksanakan PPL/ KKM, saya memanfaatkan momentum tersebut untuk memberikan materi ke masyarakat Desa Tanjung Merpati sebagai tempat pelaksanaan PPL dan KKM mahasiswa. Saya meminta mahasiswa STKIP Persada Khatulistiwa dan bekerja sama dengan pihak pemerintah Desa Tanjung Merpati bersama mahasiswa IKIP PGRI Pontianak untuk mengumpulkan masyarakat. Kala itu, kami mengumpulkan massa dengan mengadakan acara malam keakraban yang di dalamnya menyelipkan acara penyuluhan yang dilakukan oleh saya. Pada malam itu 2 Oktober 2015, akhirnya tajuk pembicaraan Pentingnya pendidikan bagi manusia tersampaikan kepada masyarakat Desa Tanjung Merpati Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau. Kelima, pada hari kamis tanggal 3 Desember 2015, pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat kembali tergelar. Kegiatan itu terlaksana dalam bentuk kegiatan pemberian materi berbentuk seminar pendidikan untuk guru-guru Se-Kecamatan Kembayan yang bertempat di SD Negeri 09 Tanjung Merpati Kecamatan Kembayan Sanggau Kalimantan Barat dengan tema Pembelajaran  Tematik  Sebagai  Pembelajaran  yang  Menarik  Bagi  Siswa. Kesuksesan dalam pelaksanaan kegiatan ini tidak lepas berkat kerja sama dengan Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kecamatan Kembayan dan Dikpora Cabang Kembayan. Kegiatan tersebut terlaksana dengan baik dan lancar. Keenam, pada hari Rabu tanggal 20 Januari 2016, kegiatan pengabdian masyarakat tersaji untuk mahasiswa STKIP Persada Khatulistiwa. Saya menyampaikan materi berjudul korelasi antara hasil belajar siswa semester akhir dengan hasil ujian akhir nasional siswa kelas VI SD Negeri 13 Sungai Kawat. Ketujuh, kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan di hadapan para dosen. Mengangkat materi dengan tajuk Pengembangan karier dosen melalui peningkatan jabatan fungsional,  khalayak sasarannya adalah para dosen terutama yang jabatan fungsionalnya masih berstatus tenaga pengajar. Dalam kegiatan ini, saya memberikan gambaran tentang pentingnya jabatan fungsional, dan bagaimana cara mengurus pengajuan jabatan fungsional. Pada kegiatan yang diselenggarakan panitia pertemuan ilmiah PGSD STKIP Persada Khatulistiwa ini,  tajuk materi pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan pada 30 Mei 2016 tersebut disajikan bersama nara sumber lainnya yaitu Imanuel Sairo Awang, S. Si., M. Pd.

No comments:

Post a Comment