Monday, August 15, 2016

Isian Sertifikasi Dosen Tentang Keteladanan

Keteladanan berarti hal-hal yang dapat ditiru atau dicontoh. Dalam pelaksanaan pembelajaran, keteladanan sangat berperan penting untuk mencapai pendidikan yang berkualitas. Keteladanan menjadi kunci penting sebab untuk mengajari orang lain, keteladanan yang diberikan oleh orang yang mengajari tersebutlah yang akan membuat orang yang diajari dapat mengikuti atau mematuhi dengan mudah materi yang diajarkan/dicontohkan. Adapun dalam pelaksanaan pembelajaran, keteladanan-keteladanan yang telah saya lakukan yakni berupa cara saya berpakaian, cara saya menyapa, serta cara saya memberikan pembelajaran tentang tata cara bersikap, dan bertutur kata. Adapun bentuk nyata yang saya lakukan perihal cara berpakaian yakni saya berusaha menampilkan cara berpakaian yang rapi, bersih, mencerminkan gaya berpakaian seorang guru yang layak digugu dan ditiru. Pakaian yang saya gunakan kadang menggunakan pakaian safari (PDL), kadang kala baju kantoran berdasi, atau paling sederhana adalah pakaian kemeja/batik bercelana kain, berkaos kaki, dan bersepatu pantopel. Sehingga hal ini memudahkan saya untuk mempengaruhi mahasiswa terutama dalam hal berpakaian. Selanjutnya bentuk nyata yang saya lakukan perihal cara menyapa yaitu saya berusaha menyapa dengan ramah, bersahabat,  sopan dan santun. Kemudian bentuk nyata yang telah saya lakukan mengenai cara memberikan pembelajaran tentang tata cara bersikap, dan bertutur kata yakni menyampaikan pesan dengan memberikan contoh secara kontekstual yang terjadi di masyarakat ataupun contoh nyata yang telah saya lakukan, dan memberitahukan dengan tidak marah-marah (mengingatkan dengan menegur secara baik-baik, lebih bersifat humanis, menyampaikan dengan pertimbangan hati dan alur pikiran yang logis).

No comments:

Post a Comment