Ayu
Lestari, Agusta Kurniati, Dwi Cahyadi Wibowo
STKIP
Persada Khatulistiwa Sintang, Jl. Pertamina-Sengkuang-Sintang
Abstract:The
method used is quantitative method. This research is experimental (Quasi Exsperimental). With study design
Nonequivalent control group design.The
population from which the data are all students of class XI IPS numbered 97
people. The sample was a class XI IPS 1 totaled 34 as an experimental class and
XI IPS 2 amounted to 32 people as the control class. The sample is selected by nonprobability sampling. Data collection
techniques are direct observation techniques, measurement techniques, techniques of indirect communication and
documentasion techniques. Data collection tool such as observation sheets, test
questions, questionnaires and documen. The study found that: (1) Percentage of
total observation activity for the second meeting of teachers is 100% and the
percentage of the total student activity observation at the second meeting of
which 92.18%. (2) The average value of the experimental class pretest of 53.02 and an average value of
82,35posttest experimental class. (3)
The average value pretest control
class at 54,37 and the average value posttest
control class is 55.75. (4) There were no significant effects of cognitive
learning results students class experiments and control on initial measurement (pretest) that is –Ztabel
Zhitung
+Ztabel =
-1,96
-2,00
1,96, so that Ho accepted
and Ha rejected. (5) There is a significant influence of cognitive
learning results students class experiments and control on measuring the end (posttest)that is –Ztabel
Zhitung
+Ztabel =
-1,96
44,18
1,96, so that Ha
accepted and Ho rejected.(5) The average value of pretest and posttest
control group at 54.37 and 55.75. (6) Percentage of total data questionnaire at
91,63% with the assessment criteria are very strong, so it can be concluded
that the study using concept maps media got a very good response from students
of class XI IPS 1 SMAN 1 Tanah Pinoh.
Keywords:MediaMapConcepts,CognitiveLearning
Outcomes.
Abstrak: Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen
(Quasi Exsperimental). Dengan
rancangan penelitianNonequivalent Control
Group Design. Populasi yang menjadi sumber data adalah seluruh
siswa kelas XI IPSberjumlah 97 orang. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 berjumlah 34 orang
sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2
berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol. sampel dipilih secara nonprobability sampling. Teknik
pengumpulan data yaitu teknik observasi langsung, teknik pengukuran, teknik komunikasi tidak
langsung dan teknik dokumentasi. Alat pengumpul data berupa lembar observasi,
soal tes, angket dan dokumen. Hasil
penelitian menemukan bahwa: (1) Persentase total
observasi aktivitas guru untuk kedua pertemuan yaitu 100% dan persentase total
observasi aktivitas siswa pada kedua pertemuan yaitu 92,18%. (2) Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 53,02dan nilai rata-rata posttest
kelas eksperimen
sebesar 82,35.
(3) Nilai rata-rata
pretest kelas kontrol sebesar 54,37 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 55,75. (4) Tidak terdapat
pengaruh yang signifikan hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen dan
kontrol pada pengukuran awal (pretest)
yaitu –Ztabel
Zhitung
+Ztabel
= -1,96
-2,00
1,96, sehingga Ho diterima dan Ha ditolak.
(5) Terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar kognitif siswakelas
eksperimen dan kontrol pada pengukuran akhir (posttest) yaitu –Ztabel
Zhitung
+Ztabel
= -1,96
44,18
1,96, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.(6) Persentase total data
angket sebesar 91,63% dengan kriteria penilaian sangat kuat, sehingga dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media peta konsep mendapat respon
yang sangat baik dari siswa-siswi kelas XI IPS 1 SMAN1 Tanah Pinoh.
Kata kunci : Media Peta Konsep, Hasil Belajar Kognitif.online journal system http://103.53.197.207/ojs/index.php/voxedukasistkip/article/view/118
No comments:
Post a Comment