Thursday, August 4, 2016

PENGARUH MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA SUB MATERI BUDAYA DEMOKRASI DI KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TANAH PINOH TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Ayu Lestari, Agusta Kurniati, Dwi Cahyadi Wibowo
STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Jl. Pertamina-Sengkuang-Sintang


Abstract:The method used is quantitative method. This research is experimental (Quasi Exsperimental). With study design Nonequivalent control group design.The population from which the data are all students of class XI IPS numbered 97 people. The sample was a class XI IPS 1 totaled 34 as an experimental class and XI IPS 2 amounted to 32 people as the control class. The sample is selected by nonprobability sampling. Data collection techniques are direct observation techniques, measurement techniques,  techniques of indirect communication and documentasion techniques. Data collection tool such as observation sheets, test questions, questionnaires and documen. The study found that: (1) Percentage of total observation activity for the second meeting of teachers is 100% and the percentage of the total student activity observation at the second meeting of which 92.18%. (2) The average value of the experimental class pretest of 53.02 and an average value of 82,35posttest experimental class. (3) The average value pretest control class at 54,37 and the average value posttest control class is 55.75. (4) There were no significant effects of cognitive learning results students class experiments and control on initial measurement (pretest) that is –Ztabel Zhitung  +Ztabel = -1,96  -2,00  1,96, so that Ho accepted and Ha rejected. (5) There is a significant influence of cognitive learning results students class experiments and control on measuring the end (posttest)that is –Ztabel   Zhitung  +Ztabel = -1,96  44,18  1,96, so that Ha accepted and Ho rejected.(5) The average value of pretest and posttest control group at 54.37 and 55.75. (6) Percentage of total data questionnaire at 91,63% with the assessment criteria are very strong, so it can be concluded that the study using concept maps media got a very good response from students of class XI IPS 1 SMAN 1 Tanah Pinoh.

Keywords:MediaMapConcepts,CognitiveLearning Outcomes.

Abstrak: Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (Quasi Exsperimental). Dengan rancangan penelitianNonequivalent Control Group Design. Populasi yang menjadi sumber data adalah seluruh siswa kelas XI IPSberjumlah 97 orang. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 berjumlah 34 orang sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol. sampel dipilih secara nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi langsung, teknik pengukuran, teknik komunikasi tidak langsung dan teknik dokumentasi. Alat pengumpul data berupa lembar observasi, soal tes, angket dan dokumen. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Persentase total observasi aktivitas guru untuk kedua pertemuan yaitu 100% dan persentase total observasi aktivitas siswa pada kedua pertemuan yaitu 92,18%. (2) Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 53,02dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 82,35. (3) Nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 54,37 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 55,75. (4) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen dan kontrol pada pengukuran awal (pretest) yaitu –Ztabel Zhitung  +Ztabel = -1,96  -2,00  1,96, sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. (5) Terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar kognitif siswakelas eksperimen dan kontrol pada pengukuran akhir (posttest) yaitu –Ztabel   Zhitung  +Ztabel = -1,96  44,18  1,96, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.(6) Persentase total data angket sebesar 91,63% dengan kriteria penilaian sangat kuat, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media peta konsep mendapat respon yang sangat baik dari siswa-siswi kelas XI IPS 1 SMAN1 Tanah Pinoh.
Kata kunci : Media Peta Konsep, Hasil Belajar Kognitif.

online journal system http://103.53.197.207/ojs/index.php/voxedukasistkip/article/view/118

No comments:

Post a Comment