Tuesday, August 9, 2016

Isian Sertifikasi Dosen Tentang Usaha Kreatif

Di dalam bagian ini, saya akan memaparkan tentang usaha kreatif yang telah atau sedang saya lakukan selama lima semester dari Maret 2014 sampai Juni 2016 untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Sebelumnya, kita perlu menyamakan persepsi tentang usaha kreatif itu sendiri. Bagi saya, usaha kreatif adalah sesuatu yang dibuat oleh manusia, memiliki nilai seni, keunikan dan tidak sama, serta bermanfaat bagi orang banyak. Saya akan memaparkan usaha kreatif yang pernah saya lakukan ini dengan menceritakan dari awal hingga terkini saya bekerja. Hal ini, memungkinkan untuk melihat perkembangan pemikiran dan usaha kreatif tersebut. Pada semester genap 2014, saya mengampu beberapa mata kuliah berupa belajar dan pembelajaran, pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, penerapan model kreatif Bahasa Indonesia, seminar MIPA, dan membaca. Usaha kreatif yang saya lakukan pada semester ini berupa (1) Berorientasi dengan penggunaan berbagai sumber atau tidak dengan satu buah buku saja. (2) pengembangan substansi materi perkuliahan yang dikembangkan ke arah kontekstual pada mata kuliah belajar dan pembelajaran,  (3) memberikan proyek kepada mahasiswa untuk memberikan rancangan pelaksanaan pembelajaran membaca di kelas rendah dan kelas tinggi kemudian mensimulasikannya, serta mencari fenomena-fenomena pembelajaran membaca di sekolah dasar dengan mewawancarai guru pada mata kuliah membaca, (4) Memberikan tugas menganalisis pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar, dan memberikan model contoh pembelajaran yang kreatif pada mata kuliah penerapan model kreatif Bahasa Indonesia. (5) Membimbing secara teknis pembuatan proposal dan memberikan simulasi seminar proposal seperti yang dilakukan di kampus pada mata kuliah seminar MIPA. (6) Memamerkan hasil karya/diskusi/hasil investigasi mahasiswa ke dalam blog pribadi dosen sebagai upaya untuk memotivasi dan memberikan kebanggaan kepada mahasiswa demi memacu semangat untuk belajar  dengan lebih baik lagi (beberapa contoh dapat dilihat di http://dwicahyadiwibowo.blogspot.co.id/2014/04/tujuan-membaca-fungsi-membaca-dan.html, dan http://dwicahyadiwibowo.blogspot.co.id/2014/04/mengenal-profesi-keguruan.html. Pada semester ganjil  2015, saya mengajar beberapa mata kuliah berupa pendidikan kebutuhan khusus, strategi belajar mengajar SD, dan penelitian tindakan kelas. Pada semester ini, saya melakukan usaha kreatif berupa mahasiswa diminta membuat/menciptakan lagu baik ciptaan sendiri atau hanya mengubah lirik dari lagu yang sudah ada bertemakan kepedulian terhadap penyandang disabilitas (anak berkebutuhan khusus), serta mahasiswa melakukan observasi langsung ke Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) pada mata kuliah pendidikan kebutuhan khusus. Pada semester genap 2015, saya mendapatkan  tugas mengampu mata kuliah yakni belajar dan pembelajaran, pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, penerapan model kreatif Bahasa Indonesia, dan program latihan profesi 1. Adapun usaha kreatif baru yang dilakukan oleh saya yaitu pada program latihan profesi 1, mahasiswa tidak hanya simulasi mengajar dengan teman sejawat tetapi mahasiswa juga saya kondisikan untuk membimbing dan mengajar anak SD secara langsung di lapangan. Pada semester ganjil  2016, saya mengampu beberapa mata kuliah yaitu pendidikan kebutuhan khusus, dan strategi belajar mengajar SD. Usaha kreatif baru yang dilakukan oleh saya sebagai berikut (1) Pada mata kuliah pendidikan kebutuhan khusus, saya mengundang dosen tamu Bapak Nurkiyat (Guru SDLB no. 25 Sintang) untuk berbagi pengalaman dengan mahasiswa, selain itu, saya meminta mahasiswa melakukan observasi, kemudian mereka saya minta untuk membuat puisi dan cerita, menuangkan isi hati dan pikiran dari hasil observasi yang mereka lakukan selanjutnya mengarahkan mereka untuk menerbitkan hasil ciptaan mereka ke penerbit. (2) Pada mata kuliah strategi belajar mengajar SD, saya meminta mahasiswa untuk membuat video pelaksanaan metode pembelajaran yang dikemas dengan sebaik mungkin, dan hasil karya mereka, saya masukkan ke youtube pribadi dosen. Pada semester genap 2016, saya mengampu mata kuliah yakni belajar dan pembelajaran, pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, penerapan model kreatif Bahasa Indonesia, dan program latihan profesi 1. Adapun usaha kreatif baru yang dilakukan oleh saya yaitu (1) Mahasiswa diminta untuk membuat lagu/mengubah lagu dengan substansi berisikan materi pembelajaran di sekolah dasar, yang dikumpulkan via email dengan mengirimkan link youtube mahasiswa tersebut pada mata kuliah belajar dan pembelajaran. (2) Mahasiswa melakukan pidato sebagai seorang figur seperti kepala sekolah, camat, bupati, dan lain sebagainya pada mata kuliah pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dan penerapan model kreatif Bahasa Indonesia.

2 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. bisnis online memang paling ajib buat mahasiswa yang mau nambah uang saku.terimakasih gan :)

    ReplyDelete