Adapun dampak perubahan yang terjadi dari
usaha-usaha yang telah dilakukan sebagai berikut (1) Berorientasi dengan
penggunaan berbagai sumber atau tidak dengan satu buah buku saja, memberikan
dampak yakni memberikan pemahaman yang lebih luas dan keakuratan tentang teori
menjadi lebih terpercaya bagi mahasiswa. (2) pengembangan substansi materi
perkuliahan yang dikembangkan ke arah kontekstual, memberikan dampak yaitu
mahasiswa menyadari dan memahami pentingnya substansi materi perkuliahan
sehingga menjadi ingin lebih mendalami pengetahuan tentang keguruan, (3) memberikan proyek kepada mahasiswa untuk
memberikan rancangan pelaksanaan pembelajaran membaca di kelas rendah dan kelas
tinggi dan mensimulasikannya, serta mencari fenomena-fenomena pembelajaran
membaca di sekolah dasar dengan mewawancarai guru pada mata kuliah membaca, mempunyai
dampak yaitu memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada mahasiswa dalam
menggali pengetahuan dari orang lain,
dan merasakan bagaimana melaksanakan pembelajaran. (4) Memberikan tugas menganalisis
pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar, dan memberikan
model contoh pembelajaran yang kreatif pada mata kuliah penerapan model kreatif
Bahasa Indonesia, mempunyai dampak yakni mahasiswa memiliki pengalaman untuk
menganalisis sesuatu, mengonsep, dan melaksanakan pembelajaran yang kreatif.
(5) Membimbing secara teknis pembuatan proposal dan memberikan simulasi seminar
proposal seperti yang dilakukan di kampus pada mata kuliah seminar MIPA
memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada mahasiswa dalam menyusun sebuah
proposal dan bagaimana pelaksanaan seminar proposal penelitian. (6) Memamerkan
hasil karya/diskusi/hasil investigasi mahasiswa ke dalam blog pribadi dosen
sebagai upaya untuk memotivasi dan memberikan kebanggaan kepada mahasiswa demi
memacu semangat untuk belajar dengan
lebih baik lagi, memberikan dampak yaitu tulisan yang termuat berguna untuk
banyak orang yang mencari informasi di internet, dan memberikan motivasi dan
kebanggaan untuk lebih banyak berusaha dan berkarya lebih banyak. (7) mahasiswa
diminta membuat/menciptakan lagu baik ciptaan sendiri atau hanya mengubah lirik
dari lagu yang sudah ada bertemakan kepedulian terhadap penyandang disabilitas
(anak berkebutuhan khusus), serta mahasiswa melakukan observasi langsung ke
Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) pada mata kuliah pendidikan kebutuhan khusus
memberikan dampak yaitu meningkatkan kepedulian kepada sesama pada diri mahasiswa,
meningkatkan rasa ingin berkarya lebih banyak, menghasilkan sebuah lagu yang
berjudul suara hati anak berkebutuhan khusus ( https://youtu.be/OR0d5kpG1HM?t=21 ),
dan ide ini memberikan gambaran baru bagi dosen untuk menciptakan kreatifitas
baru. (8) pada program latihan profesi 1, mahasiswa tidak hanya simulasi
mengajar dengan teman sejawat tetapi mahasiswa juga saya kondisikan untuk
membimbing dan mengajar anak SD secara langsung di lapangan memiliki dampak
yakni mahasiswa memiliki gambaran kenyataan di lapangan dalam mengajar, dan
bagi siswa memberikan semangat baru dengan hadirnya guru baru. (9) mengundang
dosen tamu untuk berbagi pengalaman dengan mahasiswa, selain itu, saya meminta
mahasiswa melakukan observasi, kemudian mereka saya minta untuk membuat puisi
dan cerita, menuangkan isi hati dan pikiran dari hasil observasi yang mereka
lakukan selanjutnya mengarahkan mereka untuk menerbitkan hasil ciptaan mereka
ke penerbit, memberikan dampak terbitnya buku peduli terhadap mereka yang
berkebutuhan khusus ( https://drive.google.com/file/d/0B70BFYwlzxMEdUhnNnB3VFI2ejg/view
) dan terbitnya buku puisi dengan judul jadikan aku sahabat ( https://drive.google.com/file/d/0B70BFYwlzxMEeXVjQ0dMY0Fpa2s/view
), dan pemberian kuliah umum dosen tamu Bapak Nurkiyat memberikan dampak yaitu pengetahuan
dan pengalaman mahasiswa menjadi menyeluruh. (10) Pada mata kuliah strategi
belajar mengajar SD, saya meminta mahasiswa untuk membuat video pelaksanaan
metode pembelajaran yang dikemas dengan sebaik mungkin, dan hasil karya mereka
dimasukkan ke youtube pribadi dosen mempunyai dampak terciptanya video
pelaksanaan metode pembelajaran ( https://youtu.be/WWLaFW3Uow4?t=9 dan https://youtu.be/K-Sqo0ShP74?t=5
)
yang dapat menjadi gambaran untuk semua orang. (11)
Mahasiswa diminta untuk membuat lagu/mengubah lagu dengan substansi berisikan
materi pembelajaran di sekolah dasar, yang dikumpulkan via email dengan
mengirimkan link youtube mahasiswa tersebut pada mata kuliah belajar dan
pembelajaran mempunyai dampak yakni memberikan pengalaman dalam menciptakan
inovasi, memiliki pengalaman dalam menggunakan dan memanfaatkan ilmu dan
teknologi (IT), dan hasil cipta mereka bisa digunakan oleh orang banyak,
terciptanya lagu-lagu pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran ( http://dwicahyadiwibowo.blogspot.co.id/2016/05/cara-generatif-hewan-berkembang-biak.html
). (12) Mahasiswa melakukan pidato sebagai seseorang pada mata kuliah
pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dan penerapan model kreatif Bahasa
Indonesia memberikan dampak yakni memiliki pengalaman dalam berbicara di depan
umum (public speaking), materi yang dipidatokan oleh mahasiswa bermanfaat untuk
orang lain (teman sejawat).
Saluran Dwi Cahyadi Wibowo
Monday, August 15, 2016
Isian Sertifikasi Tentang Dampak Perubahan Usaha Kreatif
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
This comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDelete