Monday, August 15, 2016

Isian Sertifikasi Tentang Dampak Perubahan Usaha Kreatif

Adapun dampak perubahan yang terjadi dari usaha-usaha yang telah dilakukan sebagai berikut (1) Berorientasi dengan penggunaan berbagai sumber atau tidak dengan satu buah buku saja, memberikan dampak yakni memberikan pemahaman yang lebih luas dan keakuratan tentang teori menjadi lebih terpercaya bagi mahasiswa. (2) pengembangan substansi materi perkuliahan yang dikembangkan ke arah kontekstual, memberikan dampak yaitu mahasiswa menyadari dan memahami pentingnya substansi materi perkuliahan sehingga menjadi ingin lebih mendalami pengetahuan tentang keguruan,  (3) memberikan proyek kepada mahasiswa untuk memberikan rancangan pelaksanaan pembelajaran membaca di kelas rendah dan kelas tinggi dan mensimulasikannya, serta mencari fenomena-fenomena pembelajaran membaca di sekolah dasar dengan mewawancarai guru pada mata kuliah membaca, mempunyai dampak yaitu memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada mahasiswa dalam menggali pengetahuan  dari orang lain, dan merasakan bagaimana melaksanakan pembelajaran. (4) Memberikan tugas menganalisis pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar, dan memberikan model contoh pembelajaran yang kreatif pada mata kuliah penerapan model kreatif Bahasa Indonesia, mempunyai dampak yakni mahasiswa memiliki pengalaman untuk menganalisis sesuatu, mengonsep, dan melaksanakan pembelajaran yang kreatif. (5) Membimbing secara teknis pembuatan proposal dan memberikan simulasi seminar proposal seperti yang dilakukan di kampus pada mata kuliah seminar MIPA memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada mahasiswa dalam menyusun sebuah proposal dan bagaimana pelaksanaan seminar proposal penelitian. (6) Memamerkan hasil karya/diskusi/hasil investigasi mahasiswa ke dalam blog pribadi dosen sebagai upaya untuk memotivasi dan memberikan kebanggaan kepada mahasiswa demi memacu semangat untuk belajar  dengan lebih baik lagi, memberikan dampak yaitu tulisan yang termuat berguna untuk banyak orang yang mencari informasi di internet, dan memberikan motivasi dan kebanggaan untuk lebih banyak berusaha dan berkarya lebih banyak. (7) mahasiswa diminta membuat/menciptakan lagu baik ciptaan sendiri atau hanya mengubah lirik dari lagu yang sudah ada bertemakan kepedulian terhadap penyandang disabilitas (anak berkebutuhan khusus), serta mahasiswa melakukan observasi langsung ke Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) pada mata kuliah pendidikan kebutuhan khusus memberikan dampak yaitu meningkatkan kepedulian kepada sesama pada diri mahasiswa, meningkatkan rasa ingin berkarya lebih banyak, menghasilkan sebuah lagu yang berjudul suara hati anak berkebutuhan khusus ( https://youtu.be/OR0d5kpG1HM?t=21 ), dan ide ini memberikan gambaran baru bagi dosen untuk menciptakan kreatifitas baru. (8) pada program latihan profesi 1, mahasiswa tidak hanya simulasi mengajar dengan teman sejawat tetapi mahasiswa juga saya kondisikan untuk membimbing dan mengajar anak SD secara langsung di lapangan memiliki dampak yakni mahasiswa memiliki gambaran kenyataan di lapangan dalam mengajar, dan bagi siswa memberikan semangat baru dengan hadirnya guru baru. (9) mengundang dosen tamu untuk berbagi pengalaman dengan mahasiswa, selain itu, saya meminta mahasiswa melakukan observasi, kemudian mereka saya minta untuk membuat puisi dan cerita, menuangkan isi hati dan pikiran dari hasil observasi yang mereka lakukan selanjutnya mengarahkan mereka untuk menerbitkan hasil ciptaan mereka ke penerbit, memberikan dampak terbitnya buku peduli terhadap mereka yang berkebutuhan khusus ( https://drive.google.com/file/d/0B70BFYwlzxMEdUhnNnB3VFI2ejg/view ) dan terbitnya buku puisi dengan judul jadikan aku sahabat ( https://drive.google.com/file/d/0B70BFYwlzxMEeXVjQ0dMY0Fpa2s/view ), dan pemberian kuliah umum dosen tamu Bapak Nurkiyat memberikan dampak yaitu pengetahuan dan pengalaman mahasiswa menjadi menyeluruh. (10) Pada mata kuliah strategi belajar mengajar SD, saya meminta mahasiswa untuk membuat video pelaksanaan metode pembelajaran yang dikemas dengan sebaik mungkin, dan hasil karya mereka dimasukkan ke youtube pribadi dosen mempunyai dampak terciptanya video pelaksanaan metode pembelajaran ( https://youtu.be/WWLaFW3Uow4?t=9 dan https://youtu.be/K-Sqo0ShP74?t=5 ) yang dapat menjadi gambaran untuk semua orang. (11) Mahasiswa diminta untuk membuat lagu/mengubah lagu dengan substansi berisikan materi pembelajaran di sekolah dasar, yang dikumpulkan via email dengan mengirimkan link youtube mahasiswa tersebut pada mata kuliah belajar dan pembelajaran mempunyai dampak yakni memberikan pengalaman dalam menciptakan inovasi, memiliki pengalaman dalam menggunakan dan memanfaatkan ilmu dan teknologi (IT), dan hasil cipta mereka bisa digunakan oleh orang banyak, terciptanya lagu-lagu pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran ( http://dwicahyadiwibowo.blogspot.co.id/2016/05/cara-generatif-hewan-berkembang-biak.html ). (12) Mahasiswa melakukan pidato sebagai seseorang pada mata kuliah pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dan penerapan model kreatif Bahasa Indonesia memberikan dampak yakni memiliki pengalaman dalam berbicara di depan umum (public speaking), materi yang dipidatokan oleh mahasiswa bermanfaat untuk orang lain (teman sejawat).

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete