Tuesday, August 16, 2016

Isian Sertifikasi Dosen Tentang Kendali Diri

Kendali diri memiliki arti sebagai kemampuan seseorang yang peka akan keadaan diri dan lingkungan yang berguna untuk proses sosialisasi. Berkenaan dengan kendali diri, biasanya seseorang mengontrol dirinya dengan melihat situasi lingkungan, agar sesuai dengan harapan di lingkungan yang ada. Berkaitan hal ini, bagi saya, saya memiliki kendali diri yang cukup baik di mana pun saya berada, baik berada di masyarakat, di kampus, maupun di rumah. Di kampus, bentuk pengendalian diri yang saya lakukan seperti menjaga sikap yang saya tampilkan, berbicara dengan ramah dan berusaha tidak menyinggung orang lain, melayani mahasiswa dengan ikhlas, tidak mudah marah, berusaha sabar menghadapi sesuatu yang kurang menyenangkan, berusaha memberikan keteladanan misalnya dengan cara berpakaian yang rapi dan bersih, dan tidak berpikiran negatif terhadap siapapun, serta tidak berpikiran negatif terhadap masalah apapun yang dihadapi. Di lingkungan masyarakat, kendali diri yang saya lakukan misalnya bersikap dan berbicara dengan ramah, menyapa ketika bertemu, serta mengikuti adab dan tata karma yang baik sesuai nilai dan norma di masyarakat. Selanjutnya contoh kontrol diri yang saya lakukan di lingkungan rumah misalnya saya berusaha pulang tepat waktu, dan tidak telat, memberikan kabar ke orang rumah jika saya telat pulang ke rumah, mengucapkan salam ketika masuk ke rumah, tidak telat bangun tidur, dan sebagainya.

No comments:

Post a Comment