Monday, August 15, 2016

Isian Sertifikasi Dosen Tentang Target Kerja

Target kerja adalah serangkaian target atau tujuan yang ingin dicapai dalam suatu pekerjaan. Dengan membuat target kerja, saya memahami skala prioritas untuk pekerjaan saya dengan lebih baik. Saya menyadari bahwa ketika target kerja digunakan di dunia kerja maupun akademik, target kerja dapat berguna agar saya mengerjakan pekerjaan dengan teratur. Adapun target kerja saya dari tahun 2014 hingga tahun 2018 adalah sebagai berikut: (1) Pada semester genap 2014, saya menargetkan untuk memahami tentang profesi saya secara keseluruhan yakni tentang apa saja tugas dan tanggung jawab yang harus dikerjakan serta hak yang diperoleh sebagai dosen, dan apa saja yang menjadi tanggung jawab dan hak sebagai staf akademik. Selain itu, untuk pengembangan keilmuan/keahlian, saya menargetkan saya harus memiliki satu buah publikasi karya ilmiah di tahun 2014 dan saya harus dapat melaksanakan satu bentuk pengabdian kepada masyarakat di tahun 2014. Bila dievaluasi target kerja setelah tahun 2014 berakhir, saya merasa cukup bekal dalam memahami tugas dan tanggung jawab serta hak yang saya terima, dan saya berhasil mencapai target publikasi ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat tersebut. Pada tahun 2015, saya menargetkan untuk bisa memiliki dua publikasi karya ilmiah yang dimuat di jurnal dan satu buah karya ilmiah yang dimuat di prosiding untuk menambah publikasi yang telah ada. Selain itu, saya menargetkan kegiatan pengabdian masyarakat harus dapat saya lakukan minimal dua kali, serta saya harus mengajukan jabatan fungsional di tahun 2015 dengan harapan status jabatan akademik saya meningkat, dan dapat mengikuti sertifikasi dosen setelah 2 tahun bekerja. Setelah tahun 2015 berakhir, target yang ingin saya gapai ternyata dapat tercapai dengan baik, saya menghasilkan publikasi karya ilmiah yang termuat dalam jurnal sebanyak tiga buah. Sedangkan target saya untuk menghasilkan publikasi karya ilmiah yang termuat pada prosiding juga terpenuhi. Ada satu buah karya ilmiah yang termuat di dalam prosiding. Hanya saja, dari keberhasilan mencapai target di tahun 2015 tersebut, saya dengan penuh pertimbangan merelakan tugas tambahan saya sebagai staf PPKn pada November 2015 demi melaksanakan keprofesionalan di dalam profesi dosen. Alasannya adalah bagi saya, saat itu tugas tambahan justru seolah menjadi tugas utama. Waktu yang saya miliki justru banyak tercurah pada tugas tambahan ini, karena tugas ini sebenarnya haruslah ditangani oleh orang yang khusus staf yang dapat fokus mengurus pelayanan ini, selain itu, saya juga mesti memperbaiki pekerjaan orang lain yang banyak memberikan PR untuk diperbaiki menjadi sebagaimana mestinya. Belum lagi, di dalam tugas tambahan tersebut, banyak juga memberikan PR kepada saya untuk memahami aplikasi maupun rumus-rumus yang digunakan untuk seluruh hal perihal tugas tambahan tersebut. Selanjutnya pada tahun 2016, saya menentukan target harus memiliki satu lagi prosiding, dan 2 buah publikasi jurnal, serta berharap semoga dapat mengikuti sertifikasi dosen. Alhamdulillah, publikasi karya ilmiah yang termuat di dalam prosiding sudah tercapai, bahkan untuk saat ini, saya telah berhasil menerbitkan dua buah artikel yang termuat di dalam prosiding. Selain itu, saya juga bersyukur karena telah mengikuti sertifikasi dosen di tahun ini. Target saya untuk sertifikasi ini adalah kelulusan dan bisa memiliki sertifikat pendidik sebagai sesuatu yang menerangkan bahwa saya adalah dosen yang profesional. Untuk artikel yang termuat di dalam jurnal pada tahun 2016 ini, saya telah mengirim beberapa artikel ke beberapa pengelola jurnal, dan artikel yang sudah terpublikasi baru satu buah saja. Kemudian untuk target tahun 2017 dan 2018, saya menargetkan untuk dapat menghasilkan satu buah publikasi karya ilmiah berskala internasional baik itu prosiding ataupun jurnal ilmiah, ataupun saya memiliki publikasi pada jurnal nasional yang terakreditasi. Sedangkan untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat, target saya adalah pelaksanaan kegiatan pengabdian yang bukan bersifat insidental dapat saya laksanakan pada tahun tersebut.

1 comment: