Tuesday, April 5, 2016

PENTINGNYA PROMOSI, PROMOSI DAN PROMOSI UNTUK PERUSAHAAN

Bisnis dan Promosi, tampaknya kedua hal tersebut tak dapat dipisahkan lagi pada zaman sekarang. Dimana ada bisnis disitu selalu ada promosi. dua hal yang sangat berhubungan ini sering sekali dianggap sederhana bagi beberapa perusahaan. Padahal promosi adalah berbagai strategi yang kita lakukan untuk menginformasikan serta mempengaruhi target konsumen untuk akhirnya membeli produk kita. Promosi penting untuk dilakukan agar calon konsumen kita tertarik untuk melakukan pembelian produk barang atau jasa yang kita tawarkan.

Promosi sangat penting dilakukan oleh berbagai kalangan pebisnis, entah itu pebisnis skala kecil maupun pebisnis skala besar.
berikut ini akan dipaparkan beberapa alasan, mengapa promosi dan bisnis sangat berhubungan;

1. Menciptakan Brand Awareness
Alasan penting pertama saat melakukan promosi adalah menciptakan brand awareness. Bahasa sederhana dari istilah ini adalah membuat produk kita dikenal oleh konsumen. Simpelnya bagaimana produk kita bisa terjual banyak jika konsumen saja tidak mengenal produk kita. Ini adalah alasan paling dasar dari sebuah strategi promosi yang kita lakukan.

Strategi promosi dengan tujuan ini sangat penting dilakukan untuk produk yang baru saja diluncurkan atau belum banyak dikenali

2. Promosi Bertujuan Untuk Meciptakan Loyalitas Konsumen
Promosi bermanfaat untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Loyalitas konsumen menjadi sangat penting agar konsumen tidak beralih ke pesaing. Pebisnis bisa melakukan berbagai langkah untuk membangun loyalitas konsumen seperti diadakannya program promosi berhadiah, point reward, harga khusus saat momen tertentu, paket bonus produk, dan lain sebagainya.

3. Promosi Penting Untuk Membangun Merek
Alasan penting selanjutnya adalah promosi berperan penting untuk membangun merek. Ketika konsumen sudah mengenal produk kita (brand awareness tinggi) langkah kemudian adalah menciptakan kesan merek positif (brand image).

Merek tidak cukup hanya terkenal, merek tersebut harus dibangun menjadi merek yang kuat citra yang positif. Langkah penting untuk membangun merek yang memiliki citra positif adalah fokus pada kualitas dan layanan yang baik.

4. Sarana Untuk Edukasi ke Konsumen
Promosi berperan untuk menyampaikan suatu pesan ke target konsumen kita. Promosi juga bisa menjadi sarana edukasi konsumen tentang manfaat produk kita. Sebagai produk yang relatif baru atau belum terkenal, kita sebagai pemilik produk wajib untuk mengedukasi konsumen tentang kegunaan produk, cara pakai produk, dan berbagai hal yang berhubungan dengan produk. Hal ini menjadi alasan penting mengapa promosi wajib untuk dilakukan.

No comments:

Post a Comment