Saturday, November 26, 2016

PENDEKATAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, SAINTIFIK DAN PENILAIAN AUTENTIK

Dwi Cahyadi Wibowo, Didin Syafruddin
STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Jl. Pertamina-Sengkuang, Sintang
Email: dwicahyadiwibowo@yahoo.co.id

Abstract: The background of the implementation of community service is done for the teachers who have been long enough not to get information that is current, teachers in this district too busy with his work, and the lack of development activities Human Resources (HR) makes teachers become lack of information that needs to be done academic refresher. Science and technology for society is expected to increase teachers' knowledge about the implementation of holistic learning and integration with a thematic approach according to the characteristics of elementary school children. In addition, teachers are expected to know how the implementation of learning that has developed today which requires the teacher-oriented learning implementation that uses a scientific approach and apply authentic assessment. Implementation Stages implemented (1) granting extension to extension methods of integrated thematic learning, scientific and authentic assessment include: lectures, discussion and debate. (2) technical guidance on integrated thematic learning, scientific and authentic assessment. Based on the results of community service carried out in the village of Sungai Sambang, it can be concluded that the implementation of community service activities on teachers in Sungai Sambang included in the excellent category for the implementation of community service activities have achieved a response by 81.81% in the category very good.

Keywords: Integrated Approach to Learning Tematik, Scientific, Authentic Assessment


Abstrak: Latar belakang pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan karena guru-guru yang telah cukup lama tidak mendapatkan informasi-informasi yang terkini, guru-guru di kecamatan ini terlalu sibuk dengan pekerjaannya, dan kurangnya kegiatan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) membuat guru-guru menjadi minim informasi sehingga perlu dilakukan penyegaran akademik. Iptek bagi masyarakat tersebut diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan guru tentang pelaksanaan pembelajaran secara holistik dan keterpaduan dengan pendekatan tematik sesuai karakteristik anak SD. Selain itu, diharapkan guru-guru mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran yang telah mengalami perkembangan saat ini yang mengharuskan guru berorientasi pada pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifik dan mengaplikasikan penilaian yang autentik. Tahapan-Tahapan Pelaksanaan yang dilaksanakan (1) Pemberian penyuluhan dengan metode penyuluhan pembelajaran tematik terpadu, saintifik dan penilaian autentik ini meliputi : ceramah, tanya jawab dan diskusi. (2) Bimbingan teknis tentang pembelajaran tematik terpadu, saintifik dan penilaian autentik. Berdasarkan hasil pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di Desa Sungai Sambang, maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada guru-guru di Desa Sungai Sambang termasuk dalam kategori sangat baik karena pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat telah mencapai respon sebesar 81.81 % masuk dalam kategori sangat baik.

Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran Tematik Terpadu, Saintifik, Penilaian Autentik

materi persentasi https://drive.google.com/open?id=0B6ZftmSvg2vtNmhpeFBYdXhLUnM

jurnalnya https://drive.google.com/open?id=0B6ZftmSvg2vtblcxeHlZTWhhMFU

1 comment: