Monday, April 3, 2017

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING PADA SISWA KELAS V

Indri Hartuti, Dwi Cahyadi Wibowo, Yudita Susanti.
 STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Jl. Pertamina-Sengkuang, Sintang

Abstract: The background of research by lack speaking skills of students in class V elementary school 13 Entogong districts Kayan Hulu school year 2016/2017. Focus the research problem that is how is the increase in the ability to speak using the method of brainstorming in class V elemenatry school 13 Entogong districts Kayan Hulu school year 2016/2017. The purpose from research is to increase their speaking ability class V elementary school 13 Entogong. Type of research is a classroom action research. with descriptive qualitative research method. The results of this study suggest that the ability to speak using the method of brainstorming in class V student elementary school 13 Entogong districts Kayan Hulu school year 2016/2017 increased. This can be seen from the test results of students in the  cycle I with the classical completeness 66,7% increase in cycle II into 93,3%. From results and discussion research it can be concluded that application of the method of brain storming  can increase their speaking ability students.

Keywords: Speaking Ability, Method Brainstorming

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam berbicara  kelas V Sekolah Dasar Negeri 13 Entogong Kecamatan Kayan Hulu tahun pelajaran 2016/2017. Fokus masalah penelitian yaitu; bagaimanakah peningkatan kemampuan berbicara menggunakan metode brainstorming pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 13 Entogong Kecamatan Kayan Hulu tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 13 Entogong. Jenis Penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kemampuan berbicara menggunakan metode brainstorming pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 13 Entogong Kecamatan Kayan Hulu Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah meningkat. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes siswa pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 66,7% meningkat pada siklus II menjadi 93,3%. Dari hasil dan pembahasan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode brainstorming dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

Kata kunci: Kemampuan Berbicara, Metode Brainstorming

ojs: http://jurnal.stkippersada.ac.id/index.php/KAN/article/view/221

1 comment: