Thursday, January 5, 2017

5 manfaat gotong royong

Masyarakat Indonesia sudah mengenal kata gotong royong dan berhasil mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Namun di zaman serba modern saat ini nilai dan penerapan dari gotong royong mulai menurun. Orang –orang sudah memikirkan kebutuhan mereka sendiri tanpa memperhatikan lingkungan sekitar. Padahal setiap manusia bersifat makhluk sosial yang selalu membutuhkan bantuan orang lain. Semua tempat sangat bisa dilakukannya sifat gotong royong seperti di sekolah, kantor, rumah, dan lain-lain. Tidak mungkin satu pekerjaan yang dilakukan orang banyak menghasilkan sesatu yang tidak berguna. Untuk lebih jelasnya ada 5 manfaat Gotong Royong yang bisa dilakukan berikut ini :
 
Membuat Setiap Pekerjaan Menjadi Lebih Ringan

Melakukan setiap pekerjaan dengan cara bergotong royong dapat meringankan dalam menyelesaikannya. Bisa dibayangkan jika satu orang menyelesaikan satu pekerjaan yang sangat besar maka akan banyak memakan tenaga dan pikiran. Dengan adanya tambahan orang, maka beban pekerjaan bisa dibagi dan berkurang lebih kecil sehingga mudah diselesaikan.
 
Mempercepat Penyelesaian Pekerjaan

Mengerjakan satu pekerjaan dengan menggunakan tenaga lebih dari satu orang akan mudah dan cepat diselesaikan. Contohnya ada satu pekerjaan dimana jika dikerjakan oleh satu orang akan membutuhkan waktu 1 minggu, tetapi dengan tambahan orang dan tenaga maka pekerjaan akan selesai kurang dari 1 minggu.
 
Mempererat Rasa Persatuan dan Kesatuan

Melakukan gotong royong dalam setiap kegiatan masyarakat mampu mempererat dan memupuk rasa persatuan dan kesatuan antar masyarakat. Adanya keja sama antar manusia menjadi cikal bakal terbentuknya rasa persatuan dan kesatuan. Nantinya jika setiap pekerjaan yang berat dilakukan dengan cara gotong royong maka kerukunan hidup antar anggota masyarakat akan semakin terjalin kuat.

Menghemat Pengeluaran

Satu dari 5 manfaat Gotong Royong lainnya adalah mampu menghemat pengeluaran dalam setiap kegiatan. Sebagai contoh ada kegiatan membangun jalan di desa, maka dengan dilakukan atau dikerjakan oleh orang banyak maka secara otomatis menghemat biaya untuk membayar tukang. Cara ini bisa dilakukan untuk meminimalisir pengeluaran dana pembangunan desa.
Menambah Rasa Sosial di Masyarakat

Sikap gotong royong dalam masyarakat menimbulkan rasa sosial yang tinggi, misalnya saja pada saat terjadi bencana alam dimana setiap orang berusaha untuk mengumpulkan dana dan membenahi infrastuktur yang rusak serta membantu pihak keamanan untuk mencari korban. Para warga akan secara otomatis sigap dalam membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan.

Itulah 5 manfaat Gotong Royong yang mungkin Anda belum ketahui. Sikap gotong royong sangatlah penting untuk tiap desa atau wilayah. Nantinya setiap pekerjaan yang sulit bisa dilakukan dengan mudah dan cepat jika gotong royong berjalan dengan baik. Semoga informasi di atas bisa memberikan inspirasi kepada Anda dalam hidup bermasyarakat.

sumber: http://pengayaan.com/5-manfaat-dari-gotong-royong/

No comments:

Post a Comment