Thursday, May 20, 2021

PENGENALAN TEKNIS PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH DAN BIMBINGAN TEKNIS PENERBITAN ARTIKEL PADA JURNAL ILMIAH BAGI GURU-GURU SD,SMPN 6 SATAP DI KECAMATAN SEPAUK

 Dwi Cahyadi Wibowo, Sijono Sijono, Thomas Joni Verawanto Aristo


Kurangnya pemahaman bagaimana melakukan penelitian tindakan kelas memicu realita bahwa guru masih enggan melaksanakan penelitian. Guna membantu guru dalam meningkatkan kompetensi dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas, maka tim PKM STKIP Persada Khatulistiwa Sintang melakukan pendampingan dan bimbingan dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas serta melakukan pendampingan teknis bagi para guru untuk dapat mempublikasi hasil penelitiannya. Secara umum kegiatan PKM ini dilaksanakan dengan metode pelatihan berupa presentasi dan penjelasan tentang metodologi PTK serta bimbingan teknis publikasi jurnal ilmiah dengan metode pelaksanaan kegiatan secara daring. Kegiatan ini diikuti oleh 20 guru SD-SMPN 6 Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang. Luaran kegiatan pengabdian yang dilakukan di SD-SMPN 6 SATAP Sepauk mencapai target yang direncanakan. Kegiatan PKM ini diikuti oleh lebih dari 80% guru dari SD-SMPN 6 SATAP Sepauk, walaupun tidak 100% dari jumlah tersebut dapat mengikuti dari awal kegiatan karena kendala jaringan internet. Selama kegiatan berlangsung respon para guru sangat baik terhadap kegiatan PKM ini. Para guru menjadi bersemangat untuk melakukan penelitian dan beberapa diantaranya berupaya melakukan penelitian untuk kenaikan pangkatnya  serta setidaknya ada kurang lebih 30% guru berniat mengadakan kolaborasi penelitian dengan para anggota PKM


Daftar Pustaka : Wibowo, Dwi Cahyadi; Sijono, Sijono; Aristo, Thomas Joni Verawanto. 2021. Pengenalan Teknis Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Bimbingan Teknis Penerbitan Artikel pada Jurnal Ilmiah Bagi Guru-Guru SD,SMPN 6 Satap di Kecamatan Sepauk. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 4(1), 9-19. https://doi.org/10.31932/jpmk.v4i1.1099.

No comments:

Post a Comment