Wednesday, November 18, 2015

PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 10 KERAPA SEPAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Selviana Elis, Nelly Wedyawati, Dwi Cahyadi Wibowo
STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Jl. Pertamina-Sengkuang, Sintang

Abstract: This research aims to improve student learning outcomes with the use of the demonstration method on the material changes in the environment. This study used qualitative methods, forms of class action research. This study was conducted in two cycles were implemented in the fourth grade with 20 students. The results of the data analysis showed improving student learning outcomes. The results obtained in the first cycle of learning classical completeness class is 70% and increased by 20% in the second cycle to 90%. Activity of students during the learning process using the method of demonstration is very good, it is seen from the percentage obtained from the observation sheet of students in the first cycle by 85% and increased in the second cycle to 94% and the observation of teachers in the first cycle of 84.61% and in second cycle has been implemented very well that is 100%. Recapitulation of the student questionnaire responses showed 89.8% and the figures are "very strong". Based on the results it can be concluded that the use of this demonstration method can improve student learning outcomes.

Keywords: demonstration method, natural science, learning outcomes

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penggunaan metode demonstrasi pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dua siklus yang dilaksanakan di kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Hasil analisis data menunjukan terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Di siklus I diperoleh hasil belajar ketuntasan klasikal kelasnya adalah 70% dan meningkat 20% pada siklus II menjadi 90%. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran menggunakan metode demonstrasi sangat baik, hal ini terlihat dari persentase yang diperoleh dari hasil lembar observasi siswa pada siklus I sebesar 85% dan meningkat di siklus II menjadi 94% dan observasi guru di siklus I sebesar 84,61% dan di siklus II sudah dilaksanakan dengan sangat baik yaitu 100%. Rekapitulasi hasil angket respon siswa menunjukkan angka 89,8% dan termasuk kategori “sangat kuat”. Berdasarkan hasil-hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, IPA


Abstrak ini termuat di dalam jurnal pendidikan dasar perkhasa memilki ISSN 2461-078X. 

Secara lengkap artikel ada di dalam jurnal ini. Daftar isi dan pedoman penulisan jurnal ilmiah ini dapat dilihat di https://drive.google.com/file/d/0B6ZftmSvg2vtek40SU5VZ0NfVkU/view?usp=sharing

Dapatkan dan miliki jurnal pendidikan dasar perkhasa baik versi cetak ataupun dalam bentuk e-book. Adapun harga jurnal ilmiah ini dalam bentuk cetak dijual seharga IDR 40000. Sedangkan dalam bentuk e-book dijual seharga IDR 30000. Untuk pembelian jurnal ilmiah ini dapat menghubungi +6285348486838/085750336945 atau dengan mengirim email pemesanan ke alamat email dwicahyadiwibowo@yahoo.co.id . 

Selanjutnya, perlu kami sampaikan pula bahwa pengurus jurnal pendidikan dasar perKhasa juga menampung artikel ilmiah bagi siapa saja yang ingin menerbitkan artikelnya ke dalam jurnal ini. Artikel yang dapat diterbitkan dalam jurnal ini berada dalam ranah kajian/ruang lingkup kajian di sekolah dasar atau tentang ke-SD-an. Tata cara penerbitan dapat menghubungi +6285348486838/085750336945 atau dengan mengirim artikel ke alamat email dwicahyadiwibowo@yahoo.co.id






No comments:

Post a Comment