Dalam kehidupan sehari-hari di kampus, saya akan
selalu berinteraksi dengan mahasiswa. Interaksi tersebut terdiri atas interaksi
yang saya lakukan dengan mahasiswa bimbingan skripsi, mahasiswa bimbingan
akademik, mahasiswa pada mata kuliah yang saya ampu, maupun mahasiswa lainnya
yang berasal dari dalam kampus STKIP Persada Khatulistiwa maupun di luar kampus
STKIP Persada Khatulistiwa. Interaksi tersebut tentu berbeda antara mahasiswa
yang satu dengan mahasiswa yang lain. Selain itu, interaksi yang terjadi antara
saya dan mahasiswa juga bisa di berbagai tempat, seperti di meja kerja kantor,
di kelas, di parkiran kampus, di mesjid, di perpustakaan kampus, di lapangan
olahraga, di ruang sidang skripsi, dan di kantin kampus. Selanjutnya bila
ditinjau dari pola interaksi yang terjadi pun berbeda, ada yang interaksi satu
arah misalnya saat saya memberikan sambutan dalam kegiatan UKM Forkis Madani,
ada juga interaksi berpola diskusi bersama menyelesaikan suatu permasalahan
atau persoalan, dan ada pula diskusi secara intensif empat mata seperti saat
membimbing mereka untuk menyelesaikan masalah pribadi yang mengganggu kelancaran
dalam perkuliahan. Sebagai seorang yang berprofesi sebagai dosen, dalam
berinteraksi dengan mahasiswa, cara saya bersikap, dan bertutur kata selalu
saya jaga dan sesuaikan berdasarkan watak, perilaku, dan sikap yang ditampilkan
mahasiswa. Uniknya, saat berinteraksi dengan mahasiswa, terkadang mahasiswa
tersebut dapat menjadi guru bagi saya, selain menjadi peserta didik dalam
status formalnya. Kadang kala ketika saya tidak memiliki keterampilan seperti
yang mereka miliki, saya tidak sungkan untuk meminta mereka mengajari saya.
Sehingga dari sanalah, mereka menjadi guru bagi saya. Selanjutnya ketika
berinteraksi dengan mahasiswa, saya selalu berusaha membantu mereka ketika
mereka memiliki permasalahan, saya berusaha memberikan saran atau bantuan
kepada mereka agar masalah tersebut dapat selesai, begitu juga sebaliknya, saya
juga tidak segan meminta bantuan mereka ketika saya mengalami kesulitan. Dalam
interaksi bersama mahasiswa, saya berusaha mengedepankan pemberian layanan yang
terbaik dan memuaskan. Sebagai contohnya pada saat ada agenda kegiatan UKM
Forkis Madani, ketika dalam persiapan acara mereka kurang mengerti bagaimana
cara membuat surat undangan dan mengeprin amplopnya, maka yang saya lakukan
adalah memberitahu dan membimbing mereka dalam membuat surat, hingga surat itu
dapat disebarkan, dan mengajari bagaimana cara mengeprin amplop.
Saluran Dwi Cahyadi Wibowo
Tuesday, August 16, 2016
Isian Sertifikasi Dosen Tentang Interaksi dengan Mahasiswa
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment