Di dalam bagian ini, saya akan memaparkan
tentang usaha kreatif yang telah atau sedang saya lakukan selama lima semester
dari Maret 2014 sampai Juni 2016 untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Sebelumnya,
kita perlu menyamakan persepsi tentang usaha kreatif itu sendiri. Bagi saya,
usaha kreatif adalah sesuatu yang dibuat oleh manusia, memiliki nilai seni,
keunikan dan tidak sama, serta bermanfaat bagi orang banyak. Saya akan
memaparkan usaha kreatif yang pernah saya lakukan ini dengan menceritakan dari
awal hingga terkini saya bekerja. Hal ini, memungkinkan untuk melihat
perkembangan pemikiran dan usaha kreatif tersebut. Pada semester genap 2014,
saya mengampu beberapa mata kuliah berupa belajar dan pembelajaran, pendidikan
bahasa dan sastra Indonesia, penerapan model kreatif Bahasa Indonesia, seminar
MIPA, dan membaca. Usaha kreatif yang saya lakukan pada semester ini berupa (1)
Berorientasi dengan penggunaan berbagai sumber atau tidak dengan satu buah buku
saja. (2) pengembangan substansi materi perkuliahan yang dikembangkan ke arah
kontekstual pada mata kuliah belajar dan pembelajaran, (3) memberikan proyek kepada mahasiswa untuk memberikan
rancangan pelaksanaan pembelajaran membaca di kelas rendah dan kelas tinggi kemudian
mensimulasikannya, serta mencari fenomena-fenomena pembelajaran membaca di
sekolah dasar dengan mewawancarai guru pada mata kuliah membaca, (4) Memberikan
tugas menganalisis pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar,
dan memberikan model contoh pembelajaran yang kreatif pada mata kuliah
penerapan model kreatif Bahasa Indonesia. (5) Membimbing secara teknis
pembuatan proposal dan memberikan simulasi seminar proposal seperti yang
dilakukan di kampus pada mata kuliah seminar MIPA. (6) Memamerkan hasil
karya/diskusi/hasil investigasi mahasiswa ke dalam blog pribadi dosen sebagai
upaya untuk memotivasi dan memberikan kebanggaan kepada mahasiswa demi memacu
semangat untuk belajar dengan lebih baik
lagi (beberapa contoh dapat dilihat di http://dwicahyadiwibowo.blogspot.co.id/2014/04/tujuan-membaca-fungsi-membaca-dan.html,
dan http://dwicahyadiwibowo.blogspot.co.id/2014/04/mengenal-profesi-keguruan.html.
Pada semester ganjil 2015, saya mengajar
beberapa mata kuliah berupa pendidikan kebutuhan khusus, strategi belajar
mengajar SD, dan penelitian tindakan kelas. Pada semester ini, saya melakukan
usaha kreatif berupa mahasiswa diminta membuat/menciptakan lagu baik ciptaan
sendiri atau hanya mengubah lirik dari lagu yang sudah ada bertemakan
kepedulian terhadap penyandang disabilitas (anak berkebutuhan khusus), serta
mahasiswa melakukan observasi langsung ke Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) pada
mata kuliah pendidikan kebutuhan khusus. Pada semester genap 2015, saya
mendapatkan tugas mengampu mata kuliah
yakni belajar dan pembelajaran, pendidikan bahasa dan sastra Indonesia,
penerapan model kreatif Bahasa Indonesia, dan program latihan profesi 1. Adapun
usaha kreatif baru yang dilakukan oleh saya yaitu pada program latihan profesi
1, mahasiswa tidak hanya simulasi mengajar dengan teman sejawat tetapi
mahasiswa juga saya kondisikan untuk membimbing dan mengajar anak SD secara
langsung di lapangan. Pada semester ganjil
2016, saya mengampu beberapa mata kuliah yaitu pendidikan kebutuhan
khusus, dan strategi belajar mengajar SD. Usaha kreatif baru yang dilakukan
oleh saya sebagai berikut (1) Pada mata kuliah pendidikan kebutuhan khusus,
saya mengundang dosen tamu Bapak Nurkiyat (Guru SDLB no. 25 Sintang) untuk
berbagi pengalaman dengan mahasiswa, selain itu, saya meminta mahasiswa
melakukan observasi, kemudian mereka saya minta untuk membuat puisi dan cerita,
menuangkan isi hati dan pikiran dari hasil observasi yang mereka lakukan
selanjutnya mengarahkan mereka untuk menerbitkan hasil ciptaan mereka ke
penerbit. (2) Pada mata kuliah strategi belajar mengajar SD, saya meminta
mahasiswa untuk membuat video pelaksanaan metode pembelajaran yang dikemas
dengan sebaik mungkin, dan hasil karya mereka, saya masukkan ke youtube pribadi
dosen. Pada semester genap 2016, saya mengampu mata kuliah yakni belajar dan
pembelajaran, pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, penerapan model kreatif
Bahasa Indonesia, dan program latihan profesi 1. Adapun usaha kreatif baru yang
dilakukan oleh saya yaitu (1) Mahasiswa diminta untuk membuat lagu/mengubah
lagu dengan substansi berisikan materi pembelajaran di sekolah dasar, yang
dikumpulkan via email dengan mengirimkan link youtube mahasiswa tersebut pada
mata kuliah belajar dan pembelajaran. (2) Mahasiswa melakukan pidato sebagai seorang
figur seperti kepala sekolah, camat, bupati, dan lain sebagainya pada mata
kuliah pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dan penerapan model kreatif
Bahasa Indonesia.
Saluran Dwi Cahyadi Wibowo
Tuesday, August 9, 2016
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
This comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeletebisnis online memang paling ajib buat mahasiswa yang mau nambah uang saku.terimakasih gan :)
ReplyDelete