Setiap publikasi karya ilmiah pasti memiliki
makna dan kegunaannya. Dari ketiga judul yang dipublikasi memiliki makna dan
kegunaan yang berbeda antara yang satu dan yang lainnya. Pada publikasi ilmiah
yang bertajuk Korelasi Antara Hasil Belajar Siswa Semester Akhir Dengan Hasil
Ujian Akhir Nasional Siswa Kelas VI SD Negeri 13 Sungai Kawat memiliki makna
atau tujuan yakni untuk mendeskripsikan: (1) rata-rata hasil belajar siswa
semester akhir di kelas VI SD Negeri 13 Sungai Kawat, (2) rata-rata hasil ujian
akhir nasional yang sudah diperoleh pada SD Negeri 13 Sungai Kawat, dan (3)
korelasi antara hasil belajar siswa semester akhir di kelas VI dengan hasil
ujian akhir nasional yang sudah diperoleh pada SD Negeri 13 Sungai Kawat. Pada
riset ini, manfaat yang bisa dirasakan yakni (1) hasil dari riset ini
bermanfaat untuk guru agar dapat meningkatkan kinerja dalam proses belajar
mengajar agar siswa dapat menghadapi ujian akhir nasional dengan rasa percaya
diri. (2) hasil dari riset ini bermanfaat bagi peneliti sebagai alat
pengembangan wawasan serta ilmu pengetahuan yang peneliti miliki. (3) hasil
dari riset ini bermanfaat bagi sekolah untuk memberikan gambaran tentang hasil
ujian akhir semester dan ujian akhir nasional sehingga ke depannya sekolah
dapat mengatur atau mempunyai strategi untuk siswa dalam menghadapi ujian akhir
sekolah dan ujian akhir nasional. (4) hasil dari riset ini bermanfaat pada
lembaga STKIP Persada Khatulistiwa Sintang untuk menambah khasanah wawasan dan
ilmu pengetahuan, serta memberikan kredit poin bagi perguruan tinggi. (5) hasil
dari riset ini bermanfaat bagi peneliti selanjutnya sebagai dasar pengembangan
ilmu pengetahuan dan pengembangan wawasan. Kemudian untuk publikasi ilmiah yang
berjudul Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Huruf
Pada Pembelajaran Tematik Kelas II Sekolah Dasar Negeri 02 Nanga Tebidah Tahun
Pelajaran 2014/2015 memiliki makna atau tujuan yaitu (1) untuk
mendeskripsikan penggunaan media kartu
huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca
pada siswa kelas
II Sekolah Dasar
Negeri 02 Nanga Tebidah tahun pelajaran 2014/2015, (2)
untuk mendeskripsikan peningkatan hasil
belajar siswa dalam
membaca permulaan menggunakan
media kartu huruf pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 02 Nanga Tebidah
tahun pelajaran 2014/2015, dan (3) untuk mendeskripsikan respon siswa dalam
proses pembelajaran membaca permulaan menggunakan media kartu huruf pada siswa
kelas II Sekolah Dasar Negeri 02 Nanga Tebidah tahun pelajaran 2014/2015. Sedangkan
manfaat praktis yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah (1) hasil
penelitian ini bermanfaat bagi siswa untuk mempermudah siswa dalam mengenal huruf-huruf alfabet
dengan hadirnya media kartu huruf, meningkatkan
kemampuan membaca permulaan
siswa menggunakan media kartu
huruf, dan meningkatkan motivasi dan antusias siswa dalam belajar membaca, (2)
hasil penelitian ini berguna bagi
guru Bahasa Indonesia sebagai sebuah referensi pemecahan
masalah dalam mengajar, khususnya mengajar tentang materi membaca, (3) bagi
sekolah bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi guru dalam membelajarkan
peserta didik, dan memotivasi guru dalam mengajar untuk lebih kreatif, (4) bagi peneliti bermanfaat untuk memberikan ilmu yang
baru mengenai materi pembelajaran membaca
permulaan agar menjadi
lebih baik, dan
peneliti memperoleh pengalaman
langsung dalam mengajar di dunia nyata di sekolah, dan (5) Untuk STKIP Persada
Khatulistiwa, hasil penelitian ini dapat menjadi bahan referensi
dan bermanfaat untuk memberikan pemahaman tentang membaca permulaan serta cara meningkatkan
kemampuan membaca permulaan dengan media kartu huruf. Selanjutnya publikasi
ilmiah yang telah dipublikasikan dengan judul Analisis Kemampuan Menyimak Pada
Pembelajaran Bahasa Indonesia (Penelitian Studi Kasus Pada Siswa Kelas IV
Sekolah Dasar Negeri 04 Sintang) Tahun Pelajaran 2014/2015 memiliki makna yaitu
menunjukkan hasil dari menganalisis
kemampuan menyimak siswa
pada pelajaran Bahasa Indonesia
di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Sintang tahun pelajaran 2014/2015. Sehingga
penelitian ini memiliki kegunaan sebagai berikut (1) bagi siswa, hasil penelitian
ini dapat dijadikan sebagai bahan yang
bermanfaat dalam belajar khususnya belajar Bahasa Indonesia untuk kelas IV
Sekolah Dasar Negeri 04 Sintang sehingga dapat meningkatkan kemampuan menyimak
siswa yang baik dan benar, (2) bagi guru, hasil
penelitian dapat dijadikan
bahan acuan bahwa
dalam belajar menyimak, guru semestinya harus mampu mendorong motivasi
belajar siswa agar semakin tinggi khususnya dalam pelajaran Bahasa Indonesia, (3)
bagi sekolah, penelitian ini dapat menjadi bahan masukan agar dapat menerapkan
penggunaan media sebagai penunjang kemampuan menyimak siswa dan para guru agar
siswa dapat lebih bersemangat saat belajar, (4) bagi peneliti merupakan suatu pengalaman dalam menyatakan kebenaran teori tentang hasil belajar yang dikaitkan dengan kondisi
lapangan, dan (5) bagi lembaga STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, penelitian
ini dapat menambah literatur pustaka STKIP Persada
Khatulistiwa Sintang tentang kajian
ilmu Bahasa Indonesia, khususnya program studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar (PGSD).
Saluran Dwi Cahyadi Wibowo
Monday, August 15, 2016
Isian Sertifikasi Dosen Tentang Makna dan Kegunaan Publikasi Karya Ilmiah
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment