Saturday, July 23, 2016

CONTOH HARAPAN DARI KEIKUTSERTAAN DALAM PROGRAM MAGANG DOSEN Indonesia

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa dosen adalah SDM perguruan tinggi yang memiliki peran yang sangat sentral dalam semua aktivitas di perguruan tinggi. Dalam era globalisasi ini, seorang dosen bukan hanya dituntut pakar dalam bidang kajian ilmunya (mengajarkan, meneliti, dan mengabdikannya kepada masyarakat) tetapi juga dituntut untuk mampu berkomunikasi (verbal dan tulisan); mampu menguasai dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (ICT); memiliki jaringan (networking) yang luas; peka terhadap perubahan dan perkembangan yang terjadi di dunia luar, bersikap outward looking, dan lain-lain. Dari kesadaran tentang hal inilah yang membuat saya memiliki motivasi untuk mengikuti program magang dengan harapan saya memiliki kompetensi yang lebih untuk dapat menyesuaikan dan memenuhi tugas dalam melaksanakan kewajiban sebagai dosen, baik dalam bidang penelitian,bidang pengabdian pada Masyarakat, pengelolaan perguruan tinggi, bidang kerjasama, maupun pengajaran yang saya dapat dari kegiatan program magang dosen ini. Sebagai rincian tentang harapan tersebut, saya jabarkan sebagai berikut.

1.      Penelitian
Harapan saya dalam bidang penelitian dari keikutsertaan dalam program magang adalah saya memiliki banyak pengetahuan tentang metodologi penelitian, saya mendapatkan gambaran tentang hasil penelitian maupun contoh desain proposal maupun laporan penelitian, dari yang menggunakan metodologi sederhana maupun yang komplek multivariate, kemudian saya berharap dapat mengetahui cara mempublikasi dan mendapatkan pengalaman mempublikasi hasil penelitian dalam bentuk prosiding maupun jurnal internasional baik yang sudah popular ataupun yang belum, dan terakhir, saya berharap mendapatkan banyak relasi yang sangat ahli dalam bidang penelitian sehingga dapat bermanfaat bagi saya  seperti relasi tersebut dapat menjadi guru di setiap ketidak mengertian saya di dalam bidang penelitian, baik dalam perencanaan penelitian, pelaksanaan, maupun publikasi, bahkan hingga cara mendapatkan bantuan pendanaan di dalam penelitian.

2.      Pengabdian pada Masyarakat
Harapan saya dalam bidang pengabdian pada masyarakat dari keikutsertaan dalam program magang adalah saya dapat mengetahui cara pelaksanaan PKM yang baik dan benar, yag saya targetkan adalah saya mendapatkan pengetahuan tentang cara perencanaan yang baik, cara pelaksanaan, memonitoring pelaksanaan, mengevaluasi pelaksanaan kegiatan bahkan sampai melakukan publikasi baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional di dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, saya berharap dapat memiliki jaringan yang dapat melancarkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

3.      Pengelolaan PT
Selain untuk memperluas jaringan pertemanan, harapan saya untuk bidang pengelola PT pada program magang ini adalah saya mendapatkan pengetahuan dan pengalaman tentang bagaimana pelaksanaan dan cara-cara yang telah perguruan tinggi Pembina terapkan dalam melakukan pengaturan, perencanaan, pengawasan, pemantauan, dan evaluasi serta pembinaan dan koordinasi pelaksanaan jalur, jenjang, dan jenis Pendidikan Tinggi dalam rangka untuk mencapai tujuan Pendidikan Tinggi sehingga dapat saya adopsi dan tawarkan untuk dilaksanakan pada perguruan tinggi pengirim.

4.      Kerjasama
Harapan saya dalam bidang kerjasama adalah saya memiliki jaringan yang lebih luas untuk melaksanakan suatu kerjasama, memiliki pengetahuan dan pengalaman tentang bagaimana cara mengawali, cara mengkoordinasikan hal yang ingin disepakati dalam suatu kerjasama, cara menawarkan kerjasama yang baik, hingga sampai pada tahap terwujudnya kerjasama dan implementasi dari apa yang telah disepakati dalam suatu kerjasama yang dilakukan.

5.      Pengajaran
Harapan saya dalam bidang pengajaran yang didapat dari program magang ini adalah Saya mendapatkan suatu kreativitas maupun inovasi yang dapat saya terapkan dalam melaksanakan perkulihan/ tutorial dan membimbing, menguji serta menyelenggarakan pendidikan, saya mendapatkan wawasan tentang cara membimbing seminar yang baik, saya mendapatkan wawasan tentang cara membimbing kuliah kerja nyata, pratek kerja nyata, praktek kerja lapangan yang baik, saya mengetahui perihal apa dan bagaimana  seorang dosen dalam membimbing dan ikut membimbing dalam menghasilkan suatu karya ilmiah, maupun menguji hasil suatu karya ilmiah, Saya mengetahui hal penting yang harus dilakukan dalam membina kegiatan mahasiswa, Saya mengetahui bagaimana mengembangkan program kuliah maupun mengembangkan bahan kuliah, saya mengetahui apa dan bagaimana menyampaikan orasi ilmiah, saya mengetahui apa dan bagaimana cara membimbing Akademik Dosen yang lebih rendah jabatannya, dan cara melaksanakan kegiatan Detasering dan pencangkokan Akademik Dosen, serta sebagai suatu bentuk nyata dalam melakukan kegiatan pengembangan diri untuk meningkatan kompetensi.

No comments:

Post a Comment