Dwi Cahyadi Wibowo, Sijono Sijono, Thomas Joni Verawanto Aristo
Kurangnya pemahaman bagaimana melakukan penelitian tindakan
kelas memicu realita bahwa guru masih enggan melaksanakan penelitian. Guna
membantu guru dalam meningkatkan kompetensi dalam melaksanakan penelitian
tindakan kelas, maka tim PKM STKIP Persada Khatulistiwa Sintang melakukan
pendampingan dan bimbingan dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas serta
melakukan pendampingan teknis bagi para guru untuk dapat mempublikasi hasil
penelitiannya. Secara umum kegiatan PKM ini dilaksanakan dengan metode
pelatihan berupa presentasi dan penjelasan tentang metodologi PTK serta
bimbingan teknis publikasi jurnal ilmiah dengan metode pelaksanaan kegiatan
secara daring. Kegiatan ini diikuti oleh 20 guru SD-SMPN 6 Kecamatan Sepauk
Kabupaten Sintang. Luaran kegiatan pengabdian yang dilakukan di SD-SMPN 6 SATAP
Sepauk mencapai target yang direncanakan. Kegiatan PKM ini diikuti oleh lebih
dari 80% guru dari SD-SMPN 6 SATAP Sepauk, walaupun tidak 100% dari jumlah
tersebut dapat mengikuti dari awal kegiatan karena kendala jaringan internet.
Selama kegiatan berlangsung respon para guru sangat baik terhadap kegiatan PKM
ini. Para guru menjadi bersemangat untuk melakukan penelitian dan beberapa
diantaranya berupaya melakukan penelitian untuk kenaikan pangkatnya serta
setidaknya ada kurang lebih 30% guru berniat mengadakan kolaborasi penelitian
dengan para anggota PKM
No comments:
Post a Comment