Wahyu Dwi Atmaja, Dwi Cahyadi Wibowo, Debora Korining Tyas
Penelitian Tindakan Kelas ini dimaksudkan untuk mempermudah siswa dalam membaca permulaan menggunakan media kartu huruf. Penelitian dilakukan di kelas II SD Negeri 02 Nanga Tebidah dengan subyek 21 orang siswa. Hasil analisis terhadap data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes menunjukkan bahwa di dalam pembelajaran membaca permulaan: (1) siswa perlu dibantu dalam membaca sebuah cerita karena masih banyak yang belum bisa mengenal huruf abjad. Kemampuan rata-rata membaca permulaan siswa pada siklus I adalah 58.85. Pada siklus II nilai rata-rata siswa 81.85. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes siswa pada siklus I dengan ketuntasan 47,61% meningkat pada siklus II menjadi 90,47%. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan.
Onlline Journal Systems http://103.53.197.207/ojs/index.php/voxedukasistkip/article/view/37
Saluran Dwi Cahyadi Wibowo
Wednesday, February 17, 2016
Friday, February 12, 2016
UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DENGAN METODE BUZZ GROUP
Dwi Cahyadi
Wibowo, Ana Juliani, Simson
STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Jl.
Pertamina-Sengkuang-Sintang
Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan
peningkatan minat belajar dengan metode buzz
group mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDS Suluh Harapan Sintang tahun
pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode penelitian PTK menggunakan
dua siklus tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik
observasi, teknik komunikasi tidak langsung dan teknik dokumen. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode buzz group pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan
minat belajar siswa. Pada siklus I minat belajar siswa pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia menjadi sebesar 67,6% dan mengalami peningkatan pada siklus II
menjadi sebesar 84,8%. Dan untuk hasil belajar siswa pada siklus I menjadi
sebesar 67,6 dan mengalami peningkatan menjadi sebesar 74,72. Sedangkan respon
siswa terhadap penggunaan metode buzz
group ini sangat baik. Hal ini terbukti dari respon positif siswa menjadi
sebesar 83,39% dan respon negatif siswa menjadi sebesar 16,61%.
Kata
Kunci: Minat Belajar,
Metode Buzz Group
THE EFFORTS TO INCREASING INTEREST STUDY WITH BUZZ
GROUP METHOD
Abstract
The aim in this research that describe
Increased Interest in Learning Methods Subjects Buzz Group Class IV SDS Indonesian Sintang Hope torch academic year
2015/2016. This study uses research methods PTK using two cycles of action.
Data collection techniques used are observation, indirect communication
techniques and technical documentation. Data collection tool is observation form
of sheets of observations, questionnaires, and documentation. Results of this
study indicate that the use of methods Buzz
Group on Indonesian subjects can increase student interest. In the first
cycle student interest in the subject of Indonesian 67,6% and increased in the
second cycle of 84.8% and for the student learning outcomes in the first cycle
of 67.6% and an increase of 74.72%. While the students' response to the use of
methods Buzz Group is very good. This
is evident from the positive response of students at 83.39% and the negative
response of students at 16.61%.
Keywords: Interest in Learning, Methods Buzz Group
Subscribe to:
Posts (Atom)