Wednesday, February 17, 2016

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 02 NANGA TEBIDAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Wahyu Dwi Atmaja, Dwi Cahyadi Wibowo, Debora Korining Tyas

Penelitian Tindakan Kelas ini dimaksudkan untuk mempermudah siswa dalam membaca permulaan menggunakan media kartu huruf. Penelitian dilakukan di kelas II SD Negeri 02 Nanga Tebidah dengan subyek 21 orang siswa. Hasil analisis terhadap data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes menunjukkan bahwa di dalam pembelajaran membaca permulaan: (1) siswa perlu dibantu dalam membaca sebuah cerita karena masih banyak yang belum bisa mengenal huruf abjad. Kemampuan rata-rata membaca permulaan siswa pada siklus I adalah 58.85. Pada siklus II nilai rata-rata siswa 81.85. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes siswa pada siklus I dengan ketuntasan 47,61% meningkat pada siklus II menjadi 90,47%. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan.

Onlline Journal Systems http://103.53.197.207/ojs/index.php/voxedukasistkip/article/view/37

Friday, February 12, 2016

UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DENGAN METODE BUZZ GROUP

Dwi Cahyadi Wibowo, Ana Juliani, Simson
STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Jl. Pertamina-Sengkuang-Sintang

Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan peningkatan minat belajar dengan metode buzz group mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDS Suluh Harapan Sintang tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode penelitian PTK menggunakan dua siklus tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, teknik komunikasi tidak langsung dan teknik dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode buzz group pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan minat belajar siswa. Pada siklus I minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menjadi sebesar 67,6% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi sebesar 84,8%. Dan untuk hasil belajar siswa pada siklus I menjadi sebesar 67,6 dan mengalami peningkatan menjadi sebesar 74,72. Sedangkan respon siswa terhadap penggunaan metode buzz group ini sangat baik. Hal ini terbukti dari respon positif siswa menjadi sebesar 83,39% dan respon negatif siswa menjadi sebesar 16,61%.

Kata Kunci: Minat Belajar, Metode Buzz Group

THE EFFORTS TO INCREASING INTEREST STUDY WITH BUZZ GROUP METHOD

Abstract
The aim in this research that describe Increased Interest in Learning Methods Subjects Buzz Group Class IV SDS Indonesian Sintang Hope torch academic year 2015/2016. This study uses research methods PTK using two cycles of action. Data collection techniques used are observation, indirect communication techniques and technical documentation. Data collection tool is observation form of sheets of observations, questionnaires, and documentation. Results of this study indicate that the use of methods Buzz Group on Indonesian subjects can increase student interest. In the first cycle student interest in the subject of Indonesian 67,6% and increased in the second cycle of 84.8% and for the student learning outcomes in the first cycle of 67.6% and an increase of 74.72%. While the students' response to the use of methods Buzz Group is very good. This is evident from the positive response of students at 83.39% and the negative response of students at 16.61%.

Keywords: Interest in Learning, Methods Buzz Group