Saturday, January 23, 2016

ANALISIS KEMAMPUAN MENYIMAK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (Penelitian Studi Kasus pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Sintang) Tahun Pelajaran 2014/2015

Dwi Cahyadi Wibowo & Yudita Susanti 
STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Jl. Pertamina-Sengkuang- Sintang  
Kalimantan Barat 
dwicahyadiwibowo@yahoo.co.id 

Abstract 

The general objective of this study '' Listening Capabilities Analyzing Learning Indonesian Students In Class IV at State Elementary School 04 Sintang academic year 2014/2015. The variable in this study is the ability to listen on learning Indonesian. The research method is descriptive method, the form of research is  a case  study. IV class  research subjects with  a total of  45 students,  the  data collection techniques using observation techniques, direct communication engineering, technical documentation and  data  collection  tools  are  observation,  interview,  and  documentation.  Results  of  the  study  as follows: 1) the implementation of learning to listen in class IV run well and smoothly in accordance with the design of learning scenarios designed. In addition, the students follow the learning process very well, learning to respond, asking if the lack of understanding of the material presented by the teacher. 2) The level of listening skills in learning Indonesian students have factors of obstacles and constraints which lead to poor listening skills of students. Such factors may include the lack of student interest, not  paying  attention  to  the  teacher  when  the  teacher explains,  it  resulted  in  uninterrupted listening  process  and  the  learning  process  can  not  be  run properly.  3)  ways  teachers  to  improve students'  listening  skills  to  listen  to  students  overcome difficulties  through  an  effective  learning process, increase the concentration of students in learning, improve student learning spirit to be able to  listen  well.  4)  factors  inhibiting  the  listening  skills  of students  in  the  fourth  grade  that  include aspects of the physiological and psychological aspects. Based on the results of research in general on the analysis of listening skills in learning Indonesian (case studies in class IV Sintang State Primary School 04 in the school year 2014/2015) can run well and smoothly as expected. 

Keywords: Listening Capabilities

Abstrak

Tujuan  umum  penelitian  ini  ‗‘Menganalisis  Kemampuan  Menyimak  Siswa  Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Sintang Tahun Pelajaran 2014/2015. Variabel dalam  penelitian  ini  adalah  kemampuan  menyimak  pada  pembelajaran  Bahasa  Indonesia. Metode penelitian adalah metode deskriptif, bentuk  penelitian  adalah  studi  kasus.  Subjek penelitian  kelas  IV  dengan  jumlah keseluruhan 45 siswa, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik  komunikasi  langsung,  teknik  dokumentasi  dan  alat  pengumpulan  data adalah  observasi, panduan  wawancara,  dan  studi  dokumentasi.  Hasil  penelitian  sebagai  berikut: 1)  pelaksanaan pembelajaran    menyimak    di    kelas    IV  berjalan  dengan  baik  dan  lancar sesuai  dengan  rancangan  skenario pembelajaran yang dirancang.  Selain  itu  juga  siswa mengikuti proses pembelajaran dengan baik, merespon pembelajaran, bertanya jika kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru. 2) Tingkat kemampuan menyimak pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa  memiliki  faktor-faktor  hambatan    dan    kendala    yang  mengakibatkan  kemampuan menyimak  siswa  kurang  baik.    Faktor tersebut  dapat  berupa    kurangnya    minat    belajar   siswa,    tidak    memperhatikan    guru    saat    guru menjelaskan, hal tersebut mengakibatkan proses menyimak terganggu dan proses belajar  tidak  dapat berjalan  dengan  baik.  3)  cara  guru  untuk meningkatkan kemampuan  menyimak  siswa  mengatasi  kesulitan  menyimak  siswa  baik  melalui proses  pembelajaran  yang  efektif,    meningkatkan  daya  konsentrasi    siswa    pada  pembelajaran, meningkatkan  semangat  belajar  siswa  agar  bisa  menyimak dengan  baik.  4)  faktor  penghambat dalam  kemampuan  menyimak  siswa  di  kelas  IV  yakni  meliputi aspek  fisiologis  dan  aspek psikologis.  Berdasarkan  hasil  penelitian  secara  umum  tentang  analisis kemampuan menyimak pada pembelajaran Bahasa Indonesia  (studi kasus di kelas IV Sekolah Dasar 
Negeri 04 Sintang Tahun Pelajaran 2014/2015) dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan 
yang diharapkan. 

Kata kunci: Kemampuan Menyimak

Download Prosiding https://drive.google.com/file/d/0B6ZftmSvg2vtaWpKcUlqNjVCb3M/view?usp=sharing

atau

https://drive.google.com/file/d/0B6ZftmSvg2vteHVLSHZOLWZlZW8/view?usp=sharing

Online Journal System http://journal.unwidha.ac.id/index.php/proceeding/issue/view/126

atau http://journal.unwidha.ac.id/index.php/proceeding/article/view/671

Saturday, January 16, 2016

HUBUNGAN PEMAHAMAN MATERI HAK ASASI MANUSIA DENGAN PERILAKU SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KETUNGAU TENGAH TAHUN PELAJARAN2015/2016

Manto Atmojo, Dwi Cahyadi Wibowo, Elvi Juliansyah
STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Jl. Pertamina Sengkuang Sintang Kalimantan Barat

Abstrak: Masalah umum dalam penelitian ini adalah seberapa besar hubungan pemahaman materi HAM  dengan perilaku siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas X  di SMA Negeri 1 Ketungau Tengah ? Tujuan umum dalam penelitian ini adalah “untuk mengetahui seberapa besar hubungan pemahaman materi HAM dengan perilaku siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas X  di SMA Negeri 1 Ketungau Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan bentuk penelitian korelasi. Populasi di penelitian ini 148 siswa dan  sampel 30 siswa.Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan teknik komunikasi tidak langsung dan teknik studi dokumentasi, alat pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil rata-rata pemahaman materi HAM kelas X SMA Negeri 1 Ketungau Tengah memperoleh skor rata-rata 85,26, sedangkan perilaku Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ketungau Tengah setelah mempelajari materi HAM pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan hasil nilai perilaku siswa mendapat rata-rata 54,43. Dari hasil uji hipotesis, diperoleh hasil thitung sebesar 4,589 dan ttabel sebesar 2,048 artinya hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Disimpulkan, bahwa terdapat hubungan yang signifikan Pemahaman Materi HAM dengan perilaku siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan.

Kata Kunci: Pemahaman Materi Hak Asasi Manusia, Perilaku Siswa

website resmi penerbit artikel jurnal : http://ppkn.org/wp-content/uploads/2012/11/Kumpulan-Abstract-Vol-4-No-1-Jan-2016.pdf

jurnal lengkap dapat didownload di https://drive.google.com/file/d/0B6ZftmSvg2vtaC1wVmUyY0ZlY1U/view?usp=sharing